Masyarakat Indonesia Konsumsi 225 Miliar Rokok Pertahun

Nasional / 3 June 2012

Kalangan Sendiri

Masyarakat Indonesia Konsumsi 225 Miliar Rokok Pertahun

Puji Astuti Official Writer
5045

Tingkat konsumsi rokok di Indonesia sudah dalam taraf mengkhawatirkan, berdasarkan data dalam sembilan tahun terakhir jumlah perokok telah mencapi 65 juta orang dan mengkonsumsi 225 miliar batang rokok/tahun atau sekitar 100 triliun rupiah.

"Jumlah perokok Indonesia terus meningkat dalam 9 tahun terakhir, 0,9 per tahun periode 2000-2008," demikian jelas Dr. Zainal Abidin, M.Kes, Ketua Umum Terpilih Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia WHO, Indonesia berada di peringkat ketiga dalam jumlah perokok terbanyak di seluruh dunia, setelah China dan India. Dari 65 juta orang perokok, sekitar 37,3 persen adalah perokok remaja. Selain itu jumlah wanita yang merokok diperkirakan 1,6 persen dari sebelumnya di tahun 2005 hanya 0,3 persen.

Yang lebih menyedihkan lagi, menurut data yang dicatat oleh Universitas Airlangga Surabaya, 70 persen perokok aktif berasal dari keluarga miskin. Kondisi ini menimbulkan berbagai masalah baru seperti dampak terhadap kesehatan bagi perokok maupun keluarga yang menjadi perokok pasif.

Dalam deklarasi Koalisi Profesi Kesehatan Anti Rokok pada kamis, (31/5) lalu dicanangkan sebuah visi agar “Indonesia Bebas Rokok tahun 2025.” Namun tujuan tersebut sepertinya butuh perjuangan panjang karena akan berbenturan dengan para pengusaha dan para pekerja yang menggantungkan kehidupannya dari bergeraknya  bisnis tembakau. Namun sesuatu yang tidak mudah bukan berarti mustahil, asalkan ada niat baik dari semua pihak dan juga kerja keras dari setiap elemen bangsa, maka visi Indonesia Bebas Rokok tahun 2025 dapat diwujudkan. Mari bersama wujudkan Indonesia yang sehat dan sejahtera tanpa asap rokok.

Sumber : AntaraNews.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami