Survei : Seks Bebas Meningkat di Kalangan Remaja Indonesia

Nasional / 1 June 2012

Kalangan Sendiri

Survei : Seks Bebas Meningkat di Kalangan Remaja Indonesia

Lois Official Writer
10183

Perilaku seks bebas di kalangan remaja di Indonesia terus meningkat, otomatis berpengaruh pada kehamilan dan persalinan sebelum menikah yang terus meningkat. Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sugiri Syarief mengatakan jumlah remaja Indonesia mencapai 63,4 juta jiwa atau sekitar 26.7 persen dari penduduk Indonesia.

Karena itu, menurutnya hal ini sangat berbahaya karena remaja masih emosional dan labil. “Masalah yang paling menonjol di kalangan remaja adalah seputar kesehatan reproduksi yaitu seksualitas, HIV/AIDS, serta penyalahgunaan narkotika dan zat aditif,” ujarnya.

Pada 2007 ditemukan bahwa ada satu persen remaja wanita dan 6 persen remaja pria mengaku pernah melakukan seks di luar nikah. Studi lainnya pada 2010, di daerah kota seperti Jakarta menunjukkan bahwa ada 20.6 persen remaja mengalami kehamilan dan kelahiran sebelum menikah. Dengan jumlah yang terus meningkat seperti ini, maka BKKBN melakukan langkah baru yaitu dengan memperkenalkan GenRe atau Generasi Rencana.

GenRe ini menyasar remaja dan usia muda untuk berperilaku hidup sehat. “Dengan merencanakan masa depan, dapat menunda usia perkawinan, melindungi remaja agar bisa memperolah pendidikan dan mengejar karir lebih dalu,” jelasnya. Berbagai cara untuk mensosialisasikan GenRe dilakukan dengan roadshow, kontes lawak, menyanyi, serta aktivitas positif lainnya.

Jangan pernah menyia-nyiakan kehidupan dan berperilaku yang merugikan diri sendiri. Bagi remaja, masih ada banyak hal yang bisa dicapai dan dilakukan. Pergunakan waktu yang ada di dalam kehidupan kita untuk selalu melakukan yang terbaik yang kita bisa.

 

Baca Juga :

Film Soegija Membawa Pesan Nasionalisme Bukan Dakwah

Julita Manik : Saya Terbantu dengan Jawaban.com

Mengenal Group Musik : ZAMAR

Sumber : vivanews by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami