Pemecatan Anggota DPR dari Partai Demokrat Akibat Korupsi

Nasional / 31 May 2012

Kalangan Sendiri

Pemecatan Anggota DPR dari Partai Demokrat Akibat Korupsi

Lois Official Writer
3996

Sejumlah anggota DPR dari partai Demokrat diberhentikan karena terlibat kasus korupsi. Fraksi Demokrat sendiri mengumumkan tiga orang anggota mereka yang akan diberhentikan dari DPR yaitu As’ad Syam, Djufri, dan Amrun Daulay. Demokrat memang sudah mengirim surat permohonan pemberhentian ketiganya kepada DPR. Terkait hal itu, Badan Kehormatan DPR pun memberikan respons.

Djufri yang tercatat sebagai anggota Komisi II DPR yang membidangi pemerintahan dalam negeri, otonomi daerah, aparatur negara, reformasi birokrasi, pemilu dan agraria. Dia divonis 4 tahun dan denda Rp 200 juta atas kasus mark-up harga tanah untuk pembangunan kantor DPRD dan kantor Subdinas Pertamanan dan Kebersihan Kota Bukittinggi tahun 2007. Selain itu, berikut nama-nama yang telah dipecat dari DPR, yaitu :

As’ad menjabat sebagai Bupati Muaro Jambi, dipecat pada 5 Juli 2011 karena kasus korupsi Pembangkit Tenaga Diesel Muaro Jambi senilai Rp 4.5 miliar. Dia divonis 4 tahun penjara.

Amrun Daulay menjabat Dirjen Bantuan Jaminan Sosial Kementerian Sosial, dipecat karena korupsi pengadaan mesin jahit dan sapi di Kementerian Sosial senilai 15 miliar lebih. Dia divonis 1 tahun 5 bulan penjara.

Panda Nababan dan Suwarno sebelumnya dipecat lebih dulu. Mereka pernah duduk di Komisi III DPR dipecat karena terlibat kasus pemilihan DGS BI. Mereka divonis hukuman 17 bulan penjara dan denda Rp 50 juta.

Muhammad Nazaruddin menjabat anggota Komisi Hukum DPR dipecat karena terlibat dalam kasus Wisma Atlet SEA Games senilai Rp 4.675 miliar. Dia divonis 4 tahun 10 bulan penjara.

Selain mereka, ada juga anggota DPR dari partai-partai lainnya yang turut dipecat akibat kasus korupsi. Kita terus berharap bahwa Indonesia akan melahirkan generasi-generasi yang bersih dari korupsi dan takut akan Tuhan sehingga Indonesia menjadi negara yang makmur dan sejahtera.

 

Baca Juga :

Selamatkan Anak dari Dampak Buruk Perceraian

Bocah yang Mampu Membuka Pintu Hati

Julita Manik : Saya Terbantu Sekali oleh Jawaban.com

Sumber : vivanews by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami