Kepala Daerah yang Minta Naik Gaji Tidak Manusiawi

Nasional / 30 May 2012

Kalangan Sendiri

Kepala Daerah yang Minta Naik Gaji Tidak Manusiawi

Budhi Marpaung Official Writer
4549

Sebuah ucapan cukup pedas dilontarkan oleh calon Gubernur DKI Jakarta dari jalur Independen, Hendardji Soepandji beberapa saat lalu terkait dengan permintaan kenaikan gaji yang diajukan kepala daerah kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Di depan para peserta sebuah diskusi yang dihadirinya itu, adik dari mantan Jaksa Agung Hendarman Supandji tersebut mengatakan bahwa apa yang diutarakan para pimpinan daerah kepada Presiden SBY adalah sesuatu yang tidak etis dan tidak manusiawi.

"Tidak etis menurut saya, apakah kerjanya sudah benar dengan kian besarnya rakyat miskin, jadi tidak manusiawi jika ada kepala daerah yang meminta kenaikan gaji," ujarnya.

Dalam penuturan selanjutnya, Hendardji mengatakan tugas kepala daerah adalah mengabdi ke masyarakat sehingga yang seharusnya dipikirkan terlebih dahulu oleh mereka ialah kesejahteraan warganya, bukan diri mereka sendiri.

Sekitar empat bulan lalu, Presiden SBY pernah menyampaikan kepada rekan-rekan media mengenai dirinya yang diminta untuk menaikkan gaji kepala daerah. Adapun alasan mereka meminta hak ini adalah karena mereka menganggap tugas mereka sangat berat, tetapi di sisi lain justru pendapatan yang mereka terima tidaklah sebanding dengan apa yang mereka lakukan. Oleh karenanya, mereka memohon kepada Presiden agar dilaksanakan penyesuaian gaji dalam waktu dekat.  

Salah satu ciri pemimpin yang baik adalah ia tidak pernah hitung-hitungan dengan apa yang kerjakan. Meski tanpa gaji besar, orang itu akan terus dengan sekuat tenaga melakukan yang terbaik untuk orang-orang dan wilayah yang dipimpinnya. Lagi pula jika ia berhasil menyejahterakan orang-orang dan melakukan pembangunan di daerahnya, apa yang ia harapkan ini akan datang dengan sendirinya, tanpa diminta-minta. 

Baca juga : 

Dokumentasi Kopdar Mei 2012 

Saat Kebenaran Pahit Itu Terungkap Dalam Pernikahan 

Selalu Ada Jalan 

Sumber : merdeka.com, inilah.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami