Beijing : Hanya Boleh Dua Lalat Dalam Satu Toilet

Beijing : Hanya Boleh Dua Lalat Dalam Satu Toilet

Puji Astuti Official Writer
4249

Setelah undang-undang pembatasan anak yang cukup kontroversial, kini Pemerintah China membuat peraturan baru yang lebih aneh, yaitu membatasi jumlah lalat di toilet umum, yaitu hanya boleh dua lalat saja.

Berdasarkan berita yang dirilis oleh kantor berita lokal yang dikutip AFP, peraturan baru tersebut dibuat oleh Pemerintah Kota Beijing demi memperbaiki citra China di dunia internasional. Selama ini China dikenal bukan hanya karena Tembok Besar-nya, namun juga karena joroknya toilet disana.

Peraturan Pemko Beijing ini diterapkan bukan hanya untuk toilet saja, namun juga taman umum, stasiun kereta, bandara, rumah sakit, pusat perbelanjaan dan supermarket. Selain jumlah lalat yang dibatasi, dalam peraturan tersebut toilet umum juga dilarang ada genangan airnya dan juga tempat sampah tidak boleh terlalu penuh. Namun dalam berita ini tidak disebutkan sanksi yang diberikan jika pengelola toilet umum tersebut melanggar.

Sebenarnya sejak sebelum China menjadi tuan rumah Olimpiade 2008 lalu, Beijing telah gencar mengkampanyekan peningkatan kebersihan. Mungkin karena tidak efektif, hal tersebut ditingkatkan menjadi undang-undang.

Kebersihan memang sangat penting, terlebih di toilet, terutama bagi kota-kota yang menjadi destinasi wisata karena mewakili negara tersebut di dunia internasional. Di Indonesia sendiri terkenal semboyan “kebersihan sebagian dari iman” untuk mengkampanyekan kebersihan, hal ini mungkin karena kebudayaan masyarakat Indonesia yang religius.

Sumber : JPNN.com | Puji Astuti

Ikuti Kami