Pemerintah Lembek, Tidak Tegas Kalah oleh Ormas

Internasional / 21 May 2012

Kalangan Sendiri

Pemerintah Lembek, Tidak Tegas Kalah oleh Ormas

daniel.tanamal Official Writer
3181

Perilaku intoleransi yang semakin menjepit Indonesia, disebut oleh tokoh lintas agama Romo Benny Susetyo sebagai ancama yang semakin menyempitkan ruang gerak bagi kebebasan beragama. Hal ini imbas dari pemerintah yang tidak mampu menerapkan aturan.

"Pemerintah melakukan pembiaran dan mengabaikan apa yang menjadi hak setiap warga negara, di Aceh, di Bekasi kemarin dan banyak tempat lainnya. Orang bisa seenaknya melarang orang lain beribadah, dan itu dibiarkan. Hal itu, menunjukkan otoritas pemerintah yang tidak lagi melindungi warganya, dan itu menciptakan potensi konflik," ujar Benny.

Menurut Benny, pemerintah seharusnya hadir dalam berbagai konflik, serta mampu membela hak-hak kaum minoritas. Menurutnya, hanya keberanianlah yang mampu membuat pemerintah menegakkan aturan.

"Pemerintah kita saat ini lembek, tidak tegas, kalah oleh ormas-ormas. Kasus Aceh, itu gereja sudah berdiri 37 tahun dan selama itu tidak jadi masalah, kenapa sekarang jadi masalah? Gereja Pasir Riau, sudah ada izin tapi dibatalkan, padahal sudah hampir jadi. Pemerintah dalam hal ini tidak adil, dimana seharusnya jadi wasit." paparnya.

Ketidakpedulian pemerintah untuk turun langsung dan tegas dalam menindak hanya akan mempersubur ruang gerak bagi kelompok pemecah belah bangsa subur berkembang. Sebaliknya pemerintah akan dinilai hilang kredibilitas. Equiblirium negara pun rusak semakin jauh dari harapan kebangkitan nasional.

Sumber : Mediaindonesia.com
Halaman :
1

Ikuti Kami