Inilah Wasit Final Liga Champions 2011/2012

Nasional / 17 May 2012

Kalangan Sendiri

Inilah Wasit Final Liga Champions 2011/2012

daniel.tanamal Official Writer
2467

Akhirnya UEFA menunjuk pengadil lapangan bernama Pedro Proenca pada laga Final Liga Champions antara Bayern Munich dan Chelsea di Allianz Arena akhir pekan nanti. Proenca adalah wasit asal Portugal berusia 41 tahun yang mengawali karirnya sebagai wasit sepakbola pada 1988 lalu dan termasuk salah satu dari 12 wasit utama yang dinominasikan memimpin laga Euro 2012.

Meski belum ternama, reputasi Poenca dapat diperhitungkan kredibilitasnya dalam memimpin pertandingan. Proenca pada bulan Juni 2011 lalu didaulat sebagai "Wasit Terbaik" musim 2010-11 oleh Federasi Sepakbola Portugal. Pria kelahiran Lisbon, 3 November 1970, yang juga menekuni profesi penasihat keuangan itu dikabarkan sudah diberitahu UEFA mengenai penunjukan dirinya.

Tetapi wasit yang pernah memimpin laga semi-final antara Manchester United dan Schalke, di mana raksasa Inggris memetik kemenangan telak 4-1 tersebut belum mau berkomentar karena pengumuman resmi baru akan dilakukan beberapa hari lagi. "Saya telah diminta oleh UEFA untuk tidak bicara apa-apa," kata Proenca kepada Sunday yang dilansir Mtnfootball.

Selain itu, wasit berambut hitam lebat yang mengawali karirnya sejak tahun 1988, juga menjadi satu dari dari 12 wasit yang dinominasikan untuk memimpin partai Piala Eropa 2012. Di Liga Champions musim ini ini Proenca tercatat telah ambil bagian dalam lima pertandingan Liga Champions, di mana kemenangan Inter Milan atas Olympique Marseille (2-1) di babak 16 besar merupakan laga terakhir yang dia pimpin pada kompetisi bergengsi Benua Biru.

Laga Final Liga Champions sarat akan drama dan momen penting yang akan menjadi pusat perhatian dunia. tidak jarang kepemimpinan wasit disorot lebih tajam ketimbang hasil pertandingan. Karena itu kepemimpinan Poenca menjadi taruhan besar kredibilitasnya sebagai pengadil lapangan profesional di dunia Sepakbola.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami