Polisi Kejar Penyebar Foto Palsu Korban Sukhoi

Nasional / 13 May 2012

Kalangan Sendiri

Polisi Kejar Penyebar Foto Palsu Korban Sukhoi

Puji Astuti Official Writer
4770

Sebuah foto yang dinyatakan korban pesawat Sukhoi 100 yang diunggah dan disebarkan  melalui messenger BlackBerry dan juga jejaring sosial dinyatakan palsu oleh pihak kepolisian, dan saat ini pengunggah foto tersebut yang berinisial YS sedang dalam pengejaran pihak berwajib untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya karena dianggap meresahkan masyarakat.

"Karena merugikan masyarakat dan keluarga korban, kami akan lakukan penyelidikan dan penelusuran terhadap YS," demikian terang Kepala Bagian Penerangan Umum Polri Komisaris Besar Boy Rafli Amar, Minggu (13/5) di Rumah Sakit Polri Sukanto, Jakarta Timur.

Menanggapi hal ini, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono juga menghimbau agar masyarakat jangan turut menyebarluasakan foto yang telah beredar luas saat ini.

"Dari kemarin beredar di ponsel foto-foto korban, diharapkan itu tidak disebarluaskan, menyakitkan keluarga, ini imbauan saja," demikian ungkap Agung, Minggu (13/5) di Halim Perdana Kusuma saat memantau evakuasi korban.

Menurut keterangan Roy Suryo, anggota DPR yang juga pakar telematika, foto yang beredar saat ini bukanlah foto korban Sukhoi 100 tetapi foto yang diambil dari sebuah situs Brazil. Situs tersebut memang tentang korban kecelakaan darat, laut, dan udara. Bahkan Roy Suryo menyatakan memiliki rekam jejak YS di dunia maya, dan jika pihak kepolisian membutuhkan data-data mengenai YS, dirinya siap untuk membantu. Roy pun mengingatkan agar siapapun tidak menyalahgunakan tehnologi informasi karena dapat berhadapan dengan hukum.

 

Sumber : Kompas.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami