Masih Ada Sekolah Kandang Ayam di Indonesia
Sumber: Canva

Spirituality / 3 May 2012

Kalangan Sendiri

Masih Ada Sekolah Kandang Ayam di Indonesia

Contasia Christie Official Writer
462

Berbagai data dan fakta menyedihkan mengenai dunia pendidikan di Indonesia terus diungkap. Terutama dalam momentum hari pendidikan nasional (Hardiknas). Bukan untuk mempermalukan bangsa sendiri, namun sebagai bentuk perhatian dan aspirasi kepada pemerintah, agar pendidikan menjadi prioritas utama di negeri ini.

Salah satu fakta menyedihkan itu adalah masih adanya sekolah yang tidak layak untuk dijadikan tempat belajar mengajar. Kondisinya bahkan dapat dikategorikan sebagai sekolah kandang ayam. Karena bentuknya tidak jauh beda dengan kandang. Hal ini ditemui pada sebuah sekolah dasar di Jalan Todak, Pekanbaru Provinsi Riau.

Bangunan sekolah itu hanya dibangun dengan dominasi bahan baku kayu dan papan. Bagian lantai memang bersemen. Ruangannya berbentuk memanjang tanpa sekat antar kelas. Sekolah ini tidak memiliki lahan bermain ataupun halaman, karena sekelilingnya adalag rawa. Sedihnya tiap kali upacara, harus dilakukan di jalan buntu samping sekolah. "Mana ada lagi sekolah lebih jelek dari sekolah kami ini," ungkap Rusdi Martoni, kepala sekolah tersebut

Rusdi bahkan memberitahukan bahwa banyak kendala menghadang dalam proses pengurusan izin, dengan alasan gedungnya bukan bangunan permanen. Sejak 2006 didirikan, sekolah ini baru dapat izin pada September 2011 silam. Padahal sekolah ini didirikan tidak dengan tujuan komersil, melainkan murni membantu anak-anak usia sekolah di kawasan tersebut mendapat pendidikan. Satu hal terpuji yang harusnya mendapat dukungan dari pemerintah setempat untuk ikut mengelolanya.

Inilah salah satu contoh dari banyak lainnya yang membuktikan bahwa pendidikan di negeri ini masih dinilai tidak perlu. Kita pun kurang tanggap dan peduli untuk kejadian vital seperti ini. Padahal, ketidakpedulian pada pendidikan dapat menjadikan para anak dan adik-adik kita hilang masa depannya.

 

Sumber : riauterkini.com - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami