Aksi Koboi Jalanan Citra Rendahnya Kecerdasan Emosi

Nasional / 1 May 2012

Kalangan Sendiri

Aksi Koboi Jalanan Citra Rendahnya Kecerdasan Emosi

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
4772

Sebuah kekuasaan harus diimbangi dengan pengendalian diri, jika tidak hal ini akan menjadi sebuah monster yang dapat mencelakakan diri sendiri dan orang lain. Salah satunya adalah penyalahgunaan senjata api yang dilakukan oknum yang diduga berhubungan erat dengan TNI dalam peristiwa yang terjadi dua hari berturut-turut.

Dalam sebuah video amatir berdurasi 2 menit yang diunggah di jejaring sosial pada Selasa (1/5) digambarkan, seorang pria mengacungkan senjatanya dan menembak sebanyak beberapa kali ke udara karena berselisih paham dengan seorang pengendara motor. Dalam video berjudul "Koboy Palmerah"  tersebut, pria yang diduga pengemudi mobil berplat nomor TNI itu juga tampak memukulkan semacam tongkat ke arah kepala pengendara motor.

Sehari sebelumnya diberitakan kompas.com, ada seorang pria yang melepaskan tembakan di depan kantor Kompas TV, Palmerah, Jakarta Pusat, pada Senin (30/4) pukul 14.00 WIB.  Salah seorang saksi mata, Andri, menuturkan, tembakan itu bermula saat mobil Toyota Avanza dengan pelat nomor milik TNI bersenggolan dengan sebuah sepeda motor.

Pengendara sepeda motor itu berusaha mengingatkan sang pengendara mobil namun pemilik mobil tidak terima. "Sepertinya yang oknum itu enggak terima dan langsung mengumbar tembakan sebanyak dua kali ke udara," ucap Andri, Senin, di Jakarta.

Menurut penuturan Andri, setelah hampir 20 menit suasana menegang, datang sebuah mobil sedan warna putih dengan atribut Polisi Militer dan berhasil melerai keributan. "Yang menembak itu enggak pakai seragam, hanya pelat mobilnya Polisi Militer. Dia sendirian di dalam mobil itu sampai akhirnya dua anggota TNI berseragam warna hijau tua mendatangi orang yang nembak tadi, akhirnya berhasil dilerai," papa Andri.

Kemampuan untuk mengendalikan emosi adalah salah satu tolak ukur kecerdasan emosi yang harus dimiliki seseorang untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Kecerdasan emosi tidak dapat dipelajari melalui bangku sekolah maupun institusi manapun terbukti pendidikan militer tidak menjamin kecerdasan emosi seseorang.

Kecerdasan emosi merupakan ketrampilan yang harus terus dilatih dengan cara mengenali emosi diri, mengelola emosi tersebut dan berkuasa terhadap emosi itu.

Baca Juga Artikel Lainnya :

Praktikan Amanat Agung Lewat Internet

Pelari Marathon Tewas Saat Galang Dana

Sumber : kompasnews/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami