May Day, 100 Ribu Buruh Akan Kepung Jakarta

Nasional / 30 April 2012

Kalangan Sendiri

May Day, 100 Ribu Buruh Akan Kepung Jakarta

Puji Astuti Official Writer
2671

Dalam rangka peringatan Hari Buruh Sedunia atau lebih dikenal dengan May Day pada 1 Mei 2012 besok, sekitar 100.000 buruh dari seluruh Jabodetabek diperkirakan akan membanjiri Jakarta.

Dari kawasan industri Bekasi, Ketua Umum Forum Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Obon Tabroni memastikan akan mengirim 35 ribu buruh.

"Kita sudah siapkan 400 bus besar untuk mengangkut teman-teman. Banyak juga yang akan membawa sepeda motor masing-masing," demikian pernyataan Tabroni yang dirilis oleh VivaNews, Senin (30/4).

Aksi buruh ini akan dimulai pukul 08.00 WIB dari Bundaran Hotel Indonesia kearah Istana Negara dan berakhir di Gelora Bung Karno dalam rangka rapat akbar. Dalam peringatan Hari Buruh Sedunia kali ini, ada beberapa tuntutan yang disampaikan dan diharapkan dapat direspon oleh pemerintah, yaitu: pemberian upah yang layak bagi buruh, menjalankan jaminan sosial dan penghapusan sistem kerja outsorcing. Selain itu, para buruh juga menghendaki agar 1 Mei dijadikan hari libur nasional.

Dalam aksi kali ini, pihak serikat pekerja yang mewadahi para buruh meyakinkan masyarakat bahwa aksi kali ini akan berjalan damai dan aman. Untuk mengantisipasi kemungkinan adanya provokator yang menyusup, telah disiapkan 500 koordinator lapangan yang akan mengkoordinasi para buruh.

Buruh adalah salah satu tulang punggung perekonomian negeri ini. Namun keberadaan mereka dan hak-hak mereka sering diabaikan. Untuk itu penyampaian aspirasi mereka perlu didukung seluruh elemen negeri ini.

Baca juga artikel lainnya :

Sumber : VivaNews | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami