Setengah Penduduk India Tinggal Di Rumah Tanpa Toilet

Setengah Penduduk India Tinggal Di Rumah Tanpa Toilet

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3917

Salah satu standart dalam kelayakan rumah sehat adalah adanya fasilitas kamar mandi termasuk toilet, namun ironisnya hampir setengah dari 1,2 miliar penduduk di India tidak mempunyai toilet di rumah. Hanya 46,9 persen dari 246,6 juta rumah tangga yang memiliki jamban, sementara 49 persen orang memilih untuk buang air besar di tempat terbuka, sedangkan 3,2 persen menggunakan toilet umum.

Sekitar 77 persen rumah di bagian timur negara bagian Jharkhand tidak memiliki fasilitas toilet, di Orissa 76,6 persen dan 75,8 persen di Bihar juga tidak memiliki sarana sanitasi, yaitu jamban. Tiga wilayah di India itu sebagian besar penduduknya hidup dengan biaya kurang dari satu dolar per hari.

Dilansir dari BBC, budaya dan minimnya pendidikan menjadi alasan fenomena ini. "Budaya dan alasan tradisi serta minimnya pendidikan merupakan alasan utama dari praktek yang tidak higenis ini. Kami harus melakukan banyak hal," kata Komisioner pencatat dan sensus dalam peluncuran data terakhir pada Selasa (13/3) lalu.

Ironisnya jumlah penduduk yang memiliki telepon genggam jauh lebih banyak yaitu sebesar 63,2 persen dibandingkan mereka yang tidak. Analis mengatakan data itu menunjukan bahwa ada banyak perbedaan dalam sistem masyarakat India.

Sebagai Negara yang berkembang, pemerintah India harus terus mengupayakan memberikan pendidikan yang merata bagi masyarakatnya agar kesehatan mereka pun terjamin.

Sumber : bbc/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami