DKI Siapkan Motor Atasi Kebakaran di Kawasan Padat Penduduk

Nasional / 24 April 2012

Kalangan Sendiri

DKI Siapkan Motor Atasi Kebakaran di Kawasan Padat Penduduk

Lois Official Writer
4134

Kebakaran yang sering melanda di pemukiman padat penduduk di Jakarta, membuat mobil-mobil pemadam kebakaran sering kali susah masuk. Itu sebabnya, pemerintah DKI Jakarta, kini menyebar 110 sepeda motor pemadam kebakaran. Motor pemadam itu akan dibagikan kepada 55 kelurahan rawan kebakaran di seluruh Jakarta.

Sepeda motor ini sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga mampu mengangkut air dalam jumlah besar. Satu sepeda motor mampu menampung hingga 500 liter air. Dengan membawa air sebanyak itu, sejumlah sepeda motor bisa keluar masuk kawasan yang dilalap api.

Selain mampu menjangkau kawasan padat penduduk dan gang-gang sempit, motor ini diharapkan mampu menjangkau kawasan wisata, sejumlah tempat umum, ataupun perumahan lainnya yang sulit dijangkau mobil pemadam kebakaran. “Kinerja petugas diharapkan dapat maksimal saat melakukan pemadaman,” kata Gubernur Fauzi Bowo. “Motornya hanya Rp 30 juta, tapi yang mahal peralatan pemadamnya,” kata Paimin, Selasa (24/4).

Tentu motor pemadam ini solusi yang dapat diperhitungkan untuk mengatasi kebakaran di kawasan padat penduduk. Selain efektif, harganya pun lebih murah jika dibandingkan harus membeli helikopter. Selain itu, sepeda motor dapat dengan mudah melalui jalanan yang padat sehingga solusi ini benar-benar dapat diperhitungkan.

Sumber : vivanews by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami