Organ Tubuh Dicuri, TKI Pulang Dengan Perut Berisi Plastik

Nasional / 24 April 2012

Kalangan Sendiri

Organ Tubuh Dicuri, TKI Pulang Dengan Perut Berisi Plastik

Lois Official Writer
6370

LSM perlindungan buruh migran Migrant Care dan Koslata Indonesia datang mengadu ke Kementerian Luar Negeri kemarin (23/4) sore. Mereka mendampingi keluarga tiga TKI asal Nusa Tenggara Barat yang tewas di Malaysia dan dipulangkan dengan bekas jahitan yang mencurigakan. Keluarga korban mencurigai mereka adalah korban perdagangan organ tubuh.

Di sela pengaduan itu, Ketua Migrant Care, Anis Hidayah mengungkapkan bukan kali pertama TKI menjadi korban pencurian organ di luar negeri. Kasus paling terkenal adalah saat seorang TKI dipulangkan dalam keadaan tewas dan perut terjahit. Setelah diotopsi, perut korban diisi dengan kantong kresek pada 1992.

Setelah itu, ada beberapa kasus TKI yang juga dipulangkan ke tanah air dengan jahitan yang mencurigakan, sedikitnya ada tiga kasus yang terjadi dalam dua tahun terakhir ini, menurut perwakilan Koslata, Mohammad Soleh. Baru setelah kasus tiga TKI asal NTB inilah, dugaan perdagangan organ mencuat ke publik.

Saat ini kasus telah dilimpahkan ke Polda NTB, namun belum mendapat tanggapan. Kemlu sendiri akan menugaskan seorang pengacara untuk meminta kejelasan hukum mengenai kasus tersebut. Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri Indonesia, Tatang Razak mengatakan tidak pernah ada laporan perdagangan organ manusia tersebut.

Baru-baru ini kita mendengar tentang pemerintahan China yang akhirnya menghentikan mengambil organ tahanan karena dinilai tidak manusiawi, tapi ternyata kasus itu terjadi pada TKI sendiri di negara orang lain. Organ-organ itu mungkin dapat menyelamatkan banyak orang tapi ketika diambil bukan karena keinginan mereka sendiri, maka hal itu sungguh kejam dan harus ditindaklanjuti.

Sumber : vivanews by lois horiyanti
Halaman :
1

Ikuti Kami