Kegiatan Unik Para Srikandi Indonesia Dalam Peringati Hari Kartini

Nasional / 20 April 2012

Kalangan Sendiri

Kegiatan Unik Para Srikandi Indonesia Dalam Peringati Hari Kartini

Lois Official Writer
4508

Besok (21/4) adalah Hari Kartini. Kartini adalah seorang sosok pejuang wanita yang memperjuangkan kesamaan derajat di jaman dulu, saat wanita hanya dianggap sebagai ‘orang nomor dua’. Namun saat ini, hasil perjuangan Kartini terlihat jelas. Ada berbagai peristiwa yang terjadi di Indonesia dalam memperingati hari Kartini, yaitu :

Riau. “Kami akan menyediakan kertas sepanjang 30 meter untuk digambari pada peringatan Hari Kartini,” kata Ketua Sikari (Sindikat Kartunis Riau) Furqon kepada pers di Pekanbaru, Jumat (20/4). “Siapa saja boleh gabung, meski yang diutamakan adalah perempuan. Peserta bebas menggambarkan sosok Kartini zaman sekarang itu seperti apa,” tambahnya lagi.

Surabaya. Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya dihiasi oleh polwan-polwan yang mengenakan pakaian tradisional. Pakaian kebaya itu harus tetap dikenakan saat melayani masyarakat. Polwan berkebaya juga terlihat di ruang reskrim. Di tempat lain, ada kegiatan yang melibatkan setidaknya 133 perempuan untuk membatik bersama di atrium Grand City Surabaya

Samarinda. Suasana kelas yang biasanya seragam berganti suasana kental budaya Indonesia. Bahkan di laboratorium, suasana beratnya persalinan hilang sejenak. Itulah yang dirasakan oleh mahasiswi Akademi Kebidanan (Akbid) Permata Husada.

Jepara-Bandung. Memperingati Hari Kartini pula, maka 21 perempuan karyawan swasta anggota Bike to Work (B2W) melakukan perjalanan dari Jepara menuju Bandung. “Perjalanan ini bukan sekedar jalan-jalan biasa, tetapi lebih kepada suatu usaha untuk menginspirasi kaum wanita dan menciptakan kesetaraan gender untuk Indonesia,” kata Tense Manalu (39), salah satu peserta.

Kegiatan yang dilakukan oleh para srikandi Indonesia cukup unik bukan? Bagaimana Anda memperingati Hari Kartini ini? Adakah acara khusus yang diadakan? Anda pun bisa membagikannya dan menjadi inspirasi bagi wanita-wanita di Indonesia lainnya.

Sumber : berbagai sumber by lois horiyanti
Halaman :
1

Ikuti Kami