3 Wanita Cantik Ini Bahas Kelanjutan Perjuangan Kartini

Nasional / 20 April 2012

Kalangan Sendiri

3 Wanita Cantik Ini Bahas Kelanjutan Perjuangan Kartini

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
5218

Melalui karya-karyanya, R.A Kartini berhasil menginspirasi para perempuan Indonesia untuk memiliki pendidikan dan kompetisi yang baik dengan kaum pria. Seiring berjalannya waktu, para perempuan Indonesia tetap melanjutkan perjuangan Kartini dan semakin mengembangkan apa itu emansipasi wanita menurut profesi mereka masing-masing.

Dilansir dari kompas, Kamis 19 April, berikut pandangan perempuan cantik Indonesia yang berprestasi tentang harapan mereka terhadap kelanjutan perjuangan Kartini.

Menurut Puteri Pariwisata Indonesia 2011, Melisa Putri Latar, saat ini perempuan Indonesia harus bisa melanjutkan perjuangan Kartini lewat teladan sikap dan perilaku mereka. "Di era yang serba canggih, harusnya ada sosok yang melebihi kapasitas dan kapabilitas Kartini. Artinya, bagaimana perempuan Indonesia sekarang mau bertindak spektakuler, tidak populis dan bergerak untuk kepentingan yang lebih besar. Tindakan sederhana, tapi mampu menyentak. Tidak secara fisik, tapi lebih kepada keteladanan sikap dan perilaku."

Sedangkan menurut Dominique Agisca Diyose, model papan atas, poin utama emansipasi wanita bukanlah mengambil kodrat laki-laki melainkan menyatakan hak asasi perempuan. "Kita seharusnya bangga terutama dengan semangat Kartini yang mendobrak emansipasi wanita, bukan untuk menyamai kodrat laki-laki, tapi lebih kepada membebaskan perempuan, dan menyatakan bahwa perempuan juga punya hak asasi," ungkapnya di sela penobatan dirinya sebagai salah satu brand ambassador merek sampo.

Selaras dengan dua publik figur sebelumnya, aktris Revalina S Temat mengungkapkan untuk meresponi perjuangan Kartini adalah dengan berani bersuara dan berani menjukan passion-nya. "Perempuan muda harus speak-up dengan apa yang dia suka. Jangan hanya ikut alur yang ada, dan harus punya passion sehingga tidak terjebak dalam keadaan yang tak disukainya."

Emansipasi perempuan adalah upaya para wanita untuk meminta persamaan hak dalam pendidikan, politik, status sosial serta hukum yang dulunya dimonopoli oleh kaum pria. Para perempuan haruslah menggunakan kesempatan ini untuk bisa berkarya dan mengembangkan diri secara optimal agar tidak mengecewakan perjuangan para pejuang emansipasi perempuan tersebut.

Sumber : kompas/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami