Inilah Bahasa Asing yang Akan Menunjang Karir Anda

Career / 20 April 2012

Kalangan Sendiri

Inilah Bahasa Asing yang Akan Menunjang Karir Anda

Budhi Marpaung Official Writer
5246

Siapa yang tidak suka mengembangkan karir hingga ke dunia internasional? Jika ditanyakan kepada para karyawan yang sekarang bekerja di kantor-kantor di Indonesia, sebagian besar dari mereka pasti mau untuk bekerja di luar negeri. Anda pun jangan-jangan juga akan mengambil hal ini jika ada kesempatannya.

Satu hal yang penting untuk mewujudkan mimpi Anda ini adalah dengan belajar bahasa. Diperkirakan ada tiga bahasa yang akan semakin populer ke depannya, yakni Mandarin, Jepang, dan Jerman.

Untuk diketahui, perubahan kepentingan suatu bahasa sangat dipengaruhi oleh seberapa penting arti perekonomian negara tersebut di mata dunia internasional.

China yang berpenduduk paling banyak di dunia, kelak menjadi negara yang menguasai perekonomian dunia, Jadi, jika Anda ingin memiliki daya jual tinggi di bursa tenaga kerja internasional, cobalah menguasai bahasa Mandarin. Begitu pun bahasa Jepang.

Walau Jepang kini tak lagi menguasai perekonomian Asia, masih banyak perusahaan Jepang yang menanamkan investasinya di Indonesia. 

Sedangkan Jerman, negara ini merajai teknologi di kawasan Eropa dan banyak membuka peluang kerja bagi WNI. Bahkan pemerintah Jerman juga dikenal royal menawarkan beasiswa untuk mahasiswa Indonesia.

Sudahkah Anda belajar minimal satu dari tiga bahasa ini? Jika belum, mulailah mempelajarinya. Anda tidak perlu les ke institusi bahasa asing dulu jika Anda tidak memiliki biayanya. Cobalah belajar dari buku-buku, video-video, maupun film-film yang menggunakan bahasa asing yang akan Anda pilih untuk dipelajari. Walaupun belum lancar, setidaknya Anda sudah menguasai kosa kata-kosa kata bahasa tersebut.

Sebagai tulisan akhir, penulis ucapkan selamat belajar bahasa asing yang Anda pilih dan mewujudkan cita-cita Anda berkarir di dunia Internasional.  

Sumber : Kompas Female / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami