Skill Baru Tuntun Anda Kepada Pekerjaan yang Baru

Career / 13 April 2012

Kalangan Sendiri

Skill Baru Tuntun Anda Kepada Pekerjaan yang Baru

Budhi Marpaung Official Writer
3936

Apakah Anda ingin maju dalam karir Anda? Jika Anda menjawab iya maka ada dua caranya yakni kembangkan keterampilan baru dan perluas pengetahuan Anda. Inilah yang akan membedakan Anda dari rekan-rekan Anda ketika ada promosi di perusahaan Anda.

Berikut sejumlah panduan bagi Anda dalam mengembangkan keterampilan baru dan memperluas pengetahuan Anda :

Apa jenis pelatihan dan kursus pendidikan yang tersedia untuk saya?

1. Kursus-kursus untuk pribadi yang ditawarkan melalui sebuah asosiasi industri. Banyak dari hal ini yang mengarahkan kepada sebuah sertifikat yang diakui dalam industri.

2. Pendidikan tinggi yang ditawarkan oleh Akademi-akademi atau Universitas. Jika Anda saat ini mendapat penunjukan tugas khusus dari industri Anda, periksalah apakah program studi tersebut dianggap sebagai Unit Pendidikan Berkelanjutan (CEU /continuing education unit). Anda dapat memperoleh informasi mengenai pendidikan ini dengan katalog online, atau dengan menghubungi lembaga konsultasi pendidikan tinggi atau menghubungi langsung kantor pendaftaran lembaga pendidikan tinggi yang hendak Anda masuki.

3. Kursus melalui rekaman kaset video atau audio. Kursus ini sangat nyaman dan terjangkau serta baik untuk membangun soft skill.

4. Program online / pembelajaran jarak jauh. Berbagai macam kursus sekarang ditawarkan secara online, dengan berbagai biaya. Program yang mengarah kepada sertifikasi atau Unit Pendidikan Berkelanjutan (CEU) biasanya memiliki bobot pendidikan daripada mereka yang tidak mengadakan evaluasi akhir.

5. Seminar atau lokakarya satu hari. Ini baik untuk menyegarkan pengetahuan mengenai manajemen atau keterampilan organisasi.

Bagaimana cara memilih subyek yang tepat untuk studi?

Jika Anda akan membuat waktu dan komitmen keuangan, pastikan Anda memilih kursus yang Anda yakini dapat memberikan dorongan terbesar bagi karir Anda. Jika Anda masih bimbang, bicara dengan manajer Anda. Tanyakan di mana daerah yang perlu pengembangan.Gunakanlah itu sebagai panduan. Anda bahkan dapat meminta dia untuk merekomendasi lokakarya atau kursus yang cocok untuk Anda.

Bagaimana jika saya tidak mampu membayar biaya pendidikan yang akan saya jalani?

Periksa lembaga pendidikan tinggi yang akan Anda masuki apakah mereka memiliki program potongan biaya atau beasiswa. Selanjutnya, mintalah kepada manajer Anda adakah peluang bagi Anda mendapatkan sponsor (penuh atau tidak penuh) dari perusahaan Anda.

Bagaimana cara meminta perusahaan saya membayar studi saya?

1. Kumpulkan informasi tentang kursus atau lembaga pendidikan tinggi yang hendak Anda jadikan sebagai tempat menuntut ilmu.

2. Buatlah salinan mengenai deskripsi bidang studi yang akan Anda ambil, biografi para dosen dan profesor, dan lembaga dimana Anda akan belajar. Berikan sedikit penjelasan mengenai bagaimana studi ini akan meningkatkan kinerja Anda di tempat kerja.

3. Jika perusahaan Anda memiliki prosedur standar untuk permintaan tersebut, ikuti instruksi tersebut.

4. Sebagian perusahaan yang menyetujui memberikan beasiswa kepada karyawannya biasanya akan membayar uang menjalani studi di muka, dan biaya penggantian studi setelah karyawan itu berhasil menyelesaikan pendidikannnya. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengumpulkan semua dokumentasi yang mereka butuhkan.

5. Jangan lupa juga kirimkan memo kepada manajer Anda saat Anda akan menyelesaikan studi Anda. Jelaskan apa yang Anda pelajari dan bagaimana ia telah membantu Anda dalam posisi Anda. Ingatlah untuk berterima kasih kepada manajer Anda karena telah membantu mensponsori Anda.

Mendapatkan hasil maksimal dari studi yang dijalani

1.Hadiri kelas-kelas, dan jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan pada lembar presensi.

2.Buat catatan. Baca catatan Anda dari kelas terakhir sebelum kelas berikutnya. Dengarkanlah diskusi yang berlangsung, tulis dalam sebuah catatan, dan baca kembali catatan tersebut untuk memperkuat informasi dalam pikiran Anda.

3. Manfaatkan sumber daya yang ada di lembaga pendidikan tinggi dimana Anda menuntut ilmu seperti artikel, buku, kunjungan lapangan atau situs Web.

4. Kenali dosen Anda. Mereka mungkin dapat membantu Anda pada tingkat yang lebih pribadi, dan menyarankan metode studi tambahan dan sumber daya.

5. Berpartisipasilah dalam kelas. Semakin terlibat dalam diskusi, pikiran Anda akan semakin terangsang dan diri Anda akan semakin terinspirasi.

6. Bergaulah dengan teman sekelas Anda. Ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk membangun jaringan.

Pendidikan lanjutan yang Anda ambil menunjukkan bahwa Anda serius dengan karir Anda. Bukan hanya itu saja, pendidikan lanjutan yang Anda ambil juga akan membuat Anda tetap bergairah dengan apa yang Anda jalani.

Akhir tulisan, selamat mencari studi yang tepat untuk Anda dan sukses selalu dalam karir Anda. Tuhan Yesus memberkati.

Sumber : seekingsuccess.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami