Mertua Sakit Tinggal di Rumah, Apa yang Harus Dilakukan?

Marriage / 11 April 2012

Kalangan Sendiri

Mertua Sakit Tinggal di Rumah, Apa yang Harus Dilakukan?

Budhi Marpaung Official Writer
19084

Merawat orang yang sakit bukanlah pekerjaan yang mudah, terlebih lagi jika yang dirawat adalah orang yang sudah lanjut usianya. Perlu kesabaran lebih untuk melakukannya.

Uniknya, tak sedikit suami-suami atau istri-istri yang menghindari kehadiran mertua di tengah-tengah rumah tangga mereka karena alasan ini. Mereka berpandangan bahwa mertua yang sedang mengalami sakit akan sangat merepotkan mereka. Namun, jika mau ditilik lebih dalam lagi, benarkah pandangan ini?

Sebelum menjawab pertanyaan diatas, ada baiknya Anda menjawab pertanyaan yang satu ini, yakni apakah Anda menganggap mertua Anda sebagai orang tua? Mengapa pertanyaan ini perlu ditanyakan? Karena jawaban Anda tersebut akan menentukan tindakan respon Anda terhadap mertua Anda.

Apabila Anda menyatakan bahwa mertua Anda adalah orang tua Anda juga maka Anda akan menyambut kehadiran atau keberadaan mertua Anda selayaknya beliau adalah orang tua Anda juga. Anda tidak akan mengerenyitkan dahi saat beliau muncul di tengah kehidupan Anda dan pasangan Anda.

Ketika mertua Anda mengalami sakit, Anda pun tidak akan bersungut-sungut untuk menolong beliau. Anda justru dengan rela memberikan segala sumber daya yang Anda miliki demi kesembuhan dan pemulihan dari mertua Anda.

Berikut beberapa tips bagi Anda saat merawat mertua Anda yang sedang sakit:

1. Sepakati bersama pasangan sampai kapan Anda berdua membantu merawat sakit sang mertua. Jika ini sudah menjadi keputusan bersama, berkomitmenlah dengan hal tersebut.  

2. Sepakati pembagian peran diantara Anda dan pasangan dalam perawatan sang mertua.

3. Lakukan sambil memuji Tuhan. Memuji Tuhan adalah salah satu obat penangkal agar hati kita tidak dapat lekas bad mood atau marah ataupun jengkel.

4. Tersenyumlah. Dengan tersenyum, mertua Anda akan merasakan bahwa Anda tulus merawat dia dan itu justru akan mempercepat kesembuhan dirinya.

Mertua Anda bukanlah musuh Anda sehingga janganlah menjadi malas atau anti dengan kehadirannya di dalam kehidupan rumah tangga Anda. Sebaliknya, bersukacitalah karena Anda diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk menunjukan pengabadian dan kasih Anda kepada mertua Anda. Percayalah, ketika Anda dilihat sungguh-sungguh merawat atau pun menjamu mertua Anda maka mertua Anda pun tidak akan sulit untuk melepaskan berkatnya untuk Anda dan seisi rumah Anda.  

Sumber : Jawaban.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami