Dansa Diperlombakan di PON XVIII Menuai Protes

Nasional / 11 April 2012

Kalangan Sendiri

Dansa Diperlombakan di PON XVIII Menuai Protes

Puji Astuti Official Writer
3029

Keputusan pemerintah yang meloloskan dansa menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di PON XVIII cukup mengejutkan, terutama para panitia karena keputusan tersebut telah menimbulkan reaksi penolakan dari beberapa pihak. Cabang dansa yang dipertandingkan adalah Cha-cha.

"Kami pihak PB. PON tidak akan mempertandingkan cabang olahraga dansa. Kami tidak mampu menghadapi sikap penolakan yang kerasa dari lembaga adat melayu Riau dan para ormas pemuda dan KNPI," demikian pernyataan ketua harian PB. PON XVIII Riau, Syamsurizal, di Jakarta, Senin (9/4).

Menurut Syamsurizal selain tidak  ada persiapan dan beresiko, dansa dianggap tidak sesuai dengan budaya melayu. Sebelumnya ada tiga cabang baru yang diajukan untuk dipertandingkan, selain dansa yaitu drumband dan hoki. Namun drumband dan hoki tidak memenuhi syarat.

Menanggapi adanya penolakan terhadap cabang olahraga dansa ini, pihak Kemenpora melalui Deputi Bidang Pembinaan dan Prestasi, Djoko Pekik menyatakan akan melakukan mediasi antara KONI dan PB PON.

Sumber : Sport.detik.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami