Jangan Korbankan Waktu Anda bersama Keluarga!

Parenting / 8 April 2012

Kalangan Sendiri

Jangan Korbankan Waktu Anda bersama Keluarga!

daniel.tanamal Official Writer
4170

Mungkin sulit bagi Anda yang sibuk bekerja untuk mengatur waktu Anda bersama keluarga. Jam bekerja yang begitu padat, kemacetan lalulintas ibukota, pulang malam dan kelelahan pasti menyerang anda. Dalam hal seperti ini, tidak ada alasan untuk anda, mengorbankan waktu yang anda untuk dipergunakan selain untuk keluarga.

Agar keluarga Anda tetap harmonis, Anda perlu mengatur waktu Anda untuk meluangkan sedikit waktu bersama keluarga Anda. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

1. Bekerjalah secara efisien agar pekerjaan tidak menumpuk dan tidak dibawa pulang.

Banyak karyawan yang membawa pulang pekerjaannya ke rumah. Padahal jika  mereka bekerja secara efektif dan efisien sebenarnya pekerjaan tersebut dapat diselesaikan di kantor.

2. Luangkanlah waktu untuk makan malam bersama keluarga Anda

Makan malam merupakan waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga Anda. Sambil makan Anda dapat saling ngobrol bersama anak dan istri Anda tentang aktivitas anak Anda di sekolah ataupun hal lain yang bersifat ringan.

3. Ciptakan kegiatan bersih-bersih di rumah

Rumah yang sehat adalah rumah yang bersih dan nyaman untuk dihuni. Anda dapat menciptakan kegiatan bersih-bersih dirumah. Selain rumah Anda menjadi sehat, Anda juga dapat saling berkomunikasi dengan anggota keluarga Anda

4. Adakan rekreasi keluarga

Rekreasi bersama keluarga sungguh menyenangkan. Selain dapat menghilangkan kepenatan selama bekerja, Anda juga semakin dekat bersama keluarga Anda. Anda dapat mengajaknya ke pantai, bermain pasir bersama anak Anda, berenang, mengikuti kegiatan outbound dan lain-lain. Ajaklah keluarga Anda berekreasi ketika libur sekolah.

5. Beribadah bersama keluarga

Anda bisa membiasakan diri dan keluarga untuk bangun pagi sebelum matahari terbit untuk beribadah sesuai dengan keyakinan masing-masing. Selain anak-anak dibiasakan untuk mengenal Tuhan sejak kecil, Andapun dapat saling  dekat dengan anggota keluarga Anda. Kemudian Anda dapat melanjutkannya dengan berbagi masalah untuk bisa saling didoakan. Dengan demikian keluarga Anda akan damai dan tenang karena hari-hari selalu diawali dari berdoa.

6. Berolahraga bersama keluarga

Hari Sabtu atau Minggu merupakan hari yang pas untuk penyegaran tubuh Anda. Anda dapat berolahraga ringan seperti jalan kaki atau bersepeda bersama keluarga. Selain sehat, Anda pun dapat memberikan pendidikan kepada anak Anda tentang manfaat kesehatan dan belajar dari lingkungan sekitar.

Halaman :
1

Ikuti Kami