Kaki Emas Lionel Messi Torehkan Rekor Baru

Nasional / 5 April 2012

Kalangan Sendiri

Kaki Emas Lionel Messi Torehkan Rekor Baru

Lestari99 Official Writer
3110

Kaki emas Lionel Messi kembali torehkan rekor baru setelah menyumbang dua gol dari kemenangan Barcelona 3-1 atas AC Milan pda leg kedua babak perempat final Liga Champions Rabu (4/4) dinihari WIB.

Total Messi sudah membukukan 51 gol di Liga Champions dan menjadi pemain termuda yang mengumpulkan gol terbanyak di Liga Champions. Rekor sebelumnya dipegang oleh Theirry Henry yang mencetak 50 gol sepanjang sejarah Liga Champions.

Dalam sejarah Liga Champion, Messi menjadi satu-satunya pemain yang mampu mencetak 14 gol dalam satu musim. Rekor sebelumnya dipegang Ruud van Nistelroy yang mencetak 12 gol dalam satu musim. Rekor tersebut telah disamai Messi pada musim 2010-11 ketika membawa Barca menjadi juara Liga Champion.

Rekor Messi ini menyamai rekor pemain AC Milan, Jose Altafini. Pemain asal Brasil ini pernah mencetak 14 gol dalam satu musim ketiga Liga Champions masih bernama Piala Champions dalam musim tanding 1962-63.

Serangkaian rekor itu semakin menghiasi kebesaran Lionel Messi sebagai pemain bola tangguh. Sebelumnya, di babak 16 besar, Messi juga mencetak rekor. Ia menjadi pemain pertama yang membukukan 5 gol dalam sebuah pertandingan ketika Barca menghajar Bayer Leverkusen 7-1.

Rekor lain yang sudah dibukukan Messi adalah menjadi pemain Amerika Selatan yang menjadi pencetak gol pertama di kompetisi antarklub Eropa. Hingga saat ini, Messi telah mencetak 45 gol di seluruh kompetisi antarklub Eropa, melebihi rekor yang dipegang striker Peru Claudio Pizarro (Werder Bremen) dengan 44 gol.

Rekor ini tercipta khusus di fase gugur liga Champions, dimana Messi sudah mencetak 19 gol selama babak knock-out Liga Champions. Gol Messi ini menyamai gol yang dimiliki Raul Gonzales dan Andriy Shevchenko serta melebihi gol Filippo Inzaghi (Juventus/AC Milan, 16) serta Wayne Rooney (Manchester United, 14).

Torehan gol Messi di babak knock out ini terdiri atas 6 gol ke gawang Arsenal serta 12 gol ke tim lainnya yaitu Real Madrid (2), Manchester United (2), Bayern Munich (2), Celtic (2), VfB Stuttgart (2), Olympique Lyon (1) dan Shakhtar Donetsk (1).

Dengan koleksi 44 gol di Liga Champions ini, Messi kini menempati peringkat enam sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa membuntuti Raul Gonzales (71), Ruud van Nistelrooy (56), Thierry Henry (55) Shevchenko (48) dan Inzaghi (46). Rivalnya dari Real Madrid, Christiano Ronaldo, berada di posisi 10 dengan koleksi 31 gol.

Messi akan selalu menjadi pemain fenomenal dalam dunia sepakbola dunia. Permainan kaki indahnya dalam melenggang bola dan mengecoh lawan telah menginspirasi banyak orang. Kehadiran Messi dalam pertandingan selalu menjadi hal yang dinanti-nantikan para penggemarnya.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami