Harta Karun Titanic Bernilai Miliaran US Dollar

Nasional / 2 April 2012

Kalangan Sendiri

Harta Karun Titanic Bernilai Miliaran US Dollar

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
7999

Benda-benda paling sederhana sekalipun jika mempunyai nilai sejarah yang mengagumkan akan bernilai sangat tinggi dan diperebutkan para kolektor. Salah satunya adalah daftar menu makan siang pada kapal pesiar mewah yang karam, Titanic.

Dalam lelang yang digelar di Inggris, daftar menu makan siang kelas I kapal naas yang karam pada 1912 itu terjual seharga 122.000 US Dollar, dan dimenangkan oleh seorang kolektor asal Inggris.

Barang tersebut menjadi bernilai tinggi karena menuliskan tanggal kejadian naas tersebut. "Menu itu berisi tanggal paling penting, 15 April, dan memberi pembacanya pengetahuan mendalam mengenai kuliner penumpang elit Titanic," kata pejabat lelang Andrew Aldridge sebagaimana dikutip Kantor Berita AFP.

Menu makan siang tersebut ikut selamat karena terbawa secara tidak sengaja oleh salah satu penumpang kapal Titanic bernama Ruth, yang merupakan istri bankir Amerika, Washington Dodge. Setelah makan siang, tanpa sengaja Ruth menyelipkan menu tersebut ke dalam tas tangannya dan tanpa sadar juga membawanya pada saat menyelematkan diri dengan kapal penyelamat.

Pada peringatan 100 tahun karamnya kapal Titanic 15 April mendatang, akan ada ribuan barang yang berhasil dipungut dari bangkai kapal seperti peralatan makan, uang dan sebagainya, untuk dilelang kepada publik. Harta karun tersebut sudah diangkat dan dikumpulkan sejak 1987 hingga 2004, setidaknya nilai dari barang-barang tersebut adalah 189 miliar US dollar.

Sesuatu menjadi bernilai tinggi bukan hanya dari bahan-bahan dasar pembuatannya, namun juga karena nilai sejarah. Begitu juga dengan manusia, seseorang menjadi lebih berarti karena pengorbanan apa yang telah diperbuatnya untuk orang lain.

Sumber : antaranews
Halaman :
1

Ikuti Kami