Mengajarkan Anak Tentang Adat Istiadat Orang Tua

Parenting / 1 April 2012

Kalangan Sendiri

Mengajarkan Anak Tentang Adat Istiadat Orang Tua

Budhi Marpaung Official Writer
10223

Banyak dari antara orang tua yang memiliki latar belakang beda suku memilih langkah aman saat mengajarkan anak mereka tentang kebudayaan mereka. Sebagian besar ayah ibu golongan ini “mendoktrin” buah hati mereka segalanya dengan hal-hal berbau Indonesia. Jadi, pada saat anak beranjak remaja nanti, yang mereka tahu hanyalah Indonesia yang semu saja

Mengapa penulis menyatakan seperti itu? Karena Indonesia pada hakikatnya adalah daerah-daerah yang ada di Nusantara ini. Jadi, memisahkan kebudayaan daerah dengan kebudayaan Indonesia adalah sebuah hal yang keliru. Jika begitu, apa  yang harus dilakukan oleh Anda berdua - para pasangan beda suku – agar anak nantinya benar-benar menjadi orang Indonesia? Jawabannya adalah ajarkan dia tentang kebudayaan asal Anda masing-masing.

Paling tidak ada 3 hal penting pada saat Anda berdua melakukan ini:

1. Sepakati apa yang hendak diajarkan. Seperti yang diketahui, tidak seluruh adat istiadat kita sesuai dengan firman Tuhan. Oleh sebab itu,ketika hendak mengajarkan anak tentang adat istiadat Anda berdua, ajarkanlah adat istiadat yang masih bersesuaian dengan Alkitab.

2. Tanamkan cinta kepada adat istiadat Anda berdua. Bermacamnya adat istiadat yang dipelajari membuat buah hati Anda berpotensi untuk menyukai adat tertentu- bisa adat istiadat Anda, bisa juga adat istiadat pasangan Anda. Oleh karena itu, katakan selalu kepada anak bahwa setiap adat istiadat itu bagus dan unik-unik jadi ia tidak boleh mengabaikan satu adat istiadat dan memilih adat istiadat yang disukainya saja.

3. Ajarkan ia selalu mengucap syukur tentang adat istiadat yang ia miliki. Memiliki banyak adat istiadat bukanlah sebuah masalah. Justru hal itu patut disyukuri karena tidak semua orang bisa mempunyainya. Dan inilah yang harus Anda berdua katakan kepada anak ketika ia mulai merasa ”pusing” dengan adat istiadat yang Anda berdua ajarkan kepadanya.

Seorang anak dari orang  tua yang berbeda suku tidak perlu diberikan pilihan mau mengikuti adat istiadat yang mana. Justru ia perlu diajarkan semuanya karena dengan beginilah ia akan memahami identitas dirinya secara utuh.

Sumber : Jawaban.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami