Inilah Fakta Unik Dan Menarik Dari Air

Serba-Serbi Sehat / 1 April 2012

Kalangan Sendiri

Inilah Fakta Unik Dan Menarik Dari Air

Lestari99 Official Writer
13471

Air sebagai salah satu hal vital dalam kehidupan manusia ternyata memiliki beragam hal unik, yang beberapa di antaranya mungkin akan mengejutkan Anda.

1. Dalam waktu 100 tahun, sebuah molekul air menghabiskan 98 tahun di laut, 20 bulan seperti es, sekitar 2 minggu di danau dan sungai, dan kurang dari seminggu di atmosfer.

2. Air adalah satu-satunya substansi yang ditemukan secara alami di bumi dalam 3 bentuk: cair, gas, padat.

3. 80% air bumi adalah air permukaan. 20% lainnya adalah air tanah dan uap air di atmosfer. Dari semua air di bumi, hanya 2,5% air tawar. Lebih dari 90% dari pasokan air tawar dunia terletak di Antartika.

4. Jumlah total air di bumi memiliki volume sekitar 344 juta km². 315 juta km² air laut. 9 juta mil² air tanah dalam akuifer, 7 juta mil² beku dalam es di kutub, 53.000 km² air melewati danau planet dan sungai, 4.000 km² air kelembaban atmosfer, 3.400 km² air terkunci di dalam tubuh makhluk hidup.

5. Jumlah total air dalam tubuh orang dewasa rata-rata adalah 37 liter. Otak manusia adalah 75% air, tulang manusia adalah 25% air, darah manusia adalah 83% air, paru-paru manusia adalah 86% air, jantung manusia adalah 75% air, hati manusia adalah 83% air dan buah pinggang manusia adalah 83% air.

6. 75% dari ayam adalah air. 80% dari nanas adalah air. 95% dari tomat adalah air. 70% dari gajah adalah air.

7. Setiap hari, matahari menguapkan 3 triliun ton air. 1 pohon akan mengeluarkan 265 liter (70 galon) air per hari dalam penguapan. Satu acre jagung akan mengeluarkan 15.000 liter (4.000 galon) air per hari dalam penguapan.

8.  2/3 dari air yang digunakan di rumah digunakan di kamar mandi.

9. Minum terlalu banyak air dapat menyebabkan keracunan air. Keracunan air terjadi ketika air mencairkan tingkat natrium dalam aliran darah dan menyebabkan ketidakseimbangan air di otak. Keracunan air kemungkinan besar terjadi selama periode kinerja atletik intens.

10.  Orang bisa bertahan hidup selama 1 bulan tanpa makan akan tetapi hanya mampu bertahan 1 minggu tanpa air.

11. Menurut penelitian  WHO, setiap orang membutuhkan minimal 50 liter air per hari.

12. Proses pernafasan membutuhkan 1,7 liter air setiap harinya.

13.  Katakanlah seseorang perlu hanya sekitar empat liter air minum per hari, lebih dari dua ribu liter air diperlukan untuk mencukupi kebutuhan tiap orang. 85 galon air dibutuhkan untuk memproduksi satu pon telur, 150 galon untuk memproduksi sepotong roti, dan 1000 galon untuk memproduksi satu pon kentang. Tapi lebih dari setengah air yang digunakan untuk irigasi hilang karena penguapan. Yang cukup mengejutkan, sebotol air lebih menghabiskan biaya ketimbang susu, minyak atau bahkan gas.

14.Jumlah total air yang ada di bumi saat ini relatif sama dengan saat bumi ini tercipta. Yang berubah adalah bentuk dari air tersebut dalam siklus air yang berlangsung terus-menerus. Jadi air yang dipakai mandi oleh Pangeran Diponegoro bisa jadi sama dengan air yang sedang Anda pakai untuk minum.

15. Meskipun air meliputi 70% dari permukaan bumi, kebanyakan darinya terlalu asin untuk diminum. 3/4 dari air tawar yang tersedia diperoleh dari gunung es kutub, dan dalam bentuk glasier (sungai es). Sisa air tawar tersedia dalam bentuk air tanah, sungai, danau dan arus. Ada lebih dari 250 sungai di dunia.

16. Kualitas air di berbagai tempat di dunia telah menurun, khususnya daerah perkotaan. Di India, lebih dari 4 juta hektar tanah pertanian telah hilang karena penyedotan air (water logging), atau peningkatan kadar garam. Banyak penyakit muncul dari air, dan penyakit disebabkan oleh kurangnya air bersih untuk mandi menimpa jutaan orang tiap tahun. Mungkin fakta yang paling mengerikan adalah pada 20 tahun nanti, mungkin tidak akan tersedia air tawar yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar setengah populasi dunia saat itu. Ini adalah alasan kenapa lebih dari 10.000 tanaman desalinasi telah ditanam, terutama di Timur Tengah.

17. 80% jaringan otak terbuat dari air. Karena itu, air sangat penting untuk menjaga kandungan air bagi otak Anda. Uji klinis telah membuktikan bahwa dehidrasi mengurang kinerja otak untuk menyimpan memori jangka pendek dan mengganggu konsentrasi.

18. Air dapat melindungi tubuh dari penyakit kronis. Arthritis atau gangguan pada otot-otot atau jaringan-jaringan tubuh, kanker, dan penyakit jantung, adalah penyakit serius yang telah menyerang jutaan orang. Tidak perlu kuatir karena air dapat menjauhkan Anda dari penyakit-penyakit tersebut. Air bekerja seperti pelumas pada persendian, pembersih bagi saluran pencernaan, dan pengontrol kadar garam dalam tubuh.

19.  Air dapat membantu Anda mengontrol berat badan. Tidak hanya dapat menekan nafsu makan, air juga baik bagi metabolisme tubuh Anda. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi enam cangkir air secara teratur selama setahun dapat melunturkan 2,4 kilogram lemak.

20. Air baik bagi kesehatan tubuh dan gigi. Kerusakan gigi berasal dari penumpukan asam yang menggerogoti enamel gigi, tetapi liur dapat menetralkan asam ini. Selama kebutuhan tubuh akan air terpenuhi dengan baik, maka Anda akan memiliki air liur yang cukup untuk menetralkan tingkat keasaman dalam mulut Anda.

21. Air memiliki nama kimia Hidrogen dioksida. Air terdiri dari 3 atom, yaitu 2 atom hidrogen dan 1 atom oksigen.

22. Jika suhu udara naik menjadi 100 derajat celcius maka air akan mendidih dan berubah menjadi uap.

23. Berat air yang membeku 9% lebih ringan dibandingkan dengan berat air. Itulah sebabnya es bisa menggapung di atas air.

24. Diperlukan air sebanyak 15 bak mandi untuk menghilangkan pencemaran yang disebabkan oleh satu sendok makan minyak.

25. 1 Liter air memiliki berat 1,01 Kg.

Sungguh ajaib bukan? Ternyata begitu banyak fakta tersembunyi yang tersimpan dalam air. Jadi, sehatkan tubuh Anda dengan air dan hargai setiap tetes air yang Anda miliki saat ini.

Sumber : rwinclosefriend
Halaman :
1

Ikuti Kami