Arif Wibowo, Anggota DPR yang Pilih Pakai Motor Ke Kantor

Nasional / 28 March 2012

Kalangan Sendiri

Arif Wibowo, Anggota DPR yang Pilih Pakai Motor Ke Kantor

Lois Official Writer
2614

Arif Wibowo, anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, ternyata kerap membawa sepeda motor dari kediamannya di perumahan anggota DPR, Kalibata, Jakarta Selatan, untuk bertugas di Senayan. Baru pekan lalu, dia membeli sepeda motor Yamaha Xeon. “Ini juga baru kredit. Biasanya saya pakai motor laki, Honda Mega Pro,” ujarnya ketika diwawancara Tempo di Senayan, Selasa (27/3).

Pilihan menggunakan motor, menurutnya, bukan karena rencana kenaikan bahan bakar minyak yang akan dilakukan pemerintah. Meskipun mengakui menggunakan sepeda motor lebih irit daripada menggunakan mobil, Arif mengatakan pilihannya ini lebih untuk mengasah empati kepada masyarakat kecil. Jalanan Jakarta yang macet, sesak, dan panas, menurut Arif, membantunya merasakan perjuangan rakyat kecil untuk bertahan di tengah impitan ekonomi.

Arif menambahkan, menaiki sepeda motor juga membuatnya kembali ke bumi. Politikus asal Madiun, Jawa Timur, ini mengatakan terbiasa mengendarai sepeda motor di daerah asalnya. Ia pun sangat prihatin dengan kebijakan kenaikan harga BBM yang akan dilakukan pemerintah. Arif mengatakan dirinya mungkin akan lebih banyak naik motor dengan adanya kenaikan ini. Jika biasanya ia menggunakan sepeda motor dua hari dalam sepekan, Arif mengatakan mungkin akan menggunakan sepeda motor sampai empat hari dalam sepekan.

Salut untuk keteladanan yang telah ditunjukkan oleh Arif. Setidaknya, ada anggota DPR yang juga merasakan bagaimana sengsaranya rakyat kecil. Selain itu, tentu ada hal-hal lain yang harus dilakukan agar imbas BBM ini tidak terlalu mempengaruhi rakyat kecil. Misalnya saja, memberantas korupsi sehingga dana benar-benar bisa didayagunakan, subsidi yang diarahkan kepada rakyat yang benar-benar pantas mendapatkan, dan lain sebagainya.

Sumber : tempointeraktif/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami