Karena Provokatif, Fans Sepakbola Dihukum 10 Tahun!

Nasional / 26 March 2012

Kalangan Sendiri

Karena Provokatif, Fans Sepakbola Dihukum 10 Tahun!

daniel.tanamal Official Writer
3546

Sepakbola Indonesia perlu mencontoh ketegasan badan sepakbola Inggris dalam menindak dan mentertibkan para suporter yang bertingkah diluar batas. Dianggap provokatif, seorang fans dijatuhi vonis larangan menyaksikan pertandingan klub selama 10 tahun.

Sanksi berat tersebut dijatuhkan oleh Klub divisi Championship, Milwall untuk seorang fans mereka akibat mengibarkan bendera Turki untuk memprovokasi fans Leeds United di New Den Stadium. Turki memang punya sejarah buruk untuk Leeds karena dua fans mereka, Christopher Loftus dan Kevin Speight ditusuk hingga tewas di Istanbul jelang laga semifinal Piala UEFA kontra Galatasaray di tahun 2000 silam.

Kini giliran beberapa oknum fans Milwall yang berusaha menghasut suporter lawan dengan bendera Turki pada laga akhir pekan kemarin yang berakhir dengan kemenangan tipis 1-0 untuk Leeds. Ini bukan pertama kalinya terjadi untuk The Lions - julukan Milwall, karena bulan April lalu mereka sudah mengganjar sanksi untuk empat suporter yang juga mengibarkan bendera Turki dalam kemenangan 3-2 mereka atas Leeds.


Selain aksi tersebut, fans Milwall juga menyanyikan lagu bernada provokasi semacam 'waspadai orang Turki yang membawa pisau' atau 'Istanbul'. Klub asal London Selatan itu sudah bekerja keras untuk menghindarkan diri dari para fans yang tidak bertanggung jawab, namun mereka mengaku kecolongan dengan masuknya bendera Turki tersebut ke dalam stadion.

Dunia olahraga harus waspada terhadap tindak provokatif yang kerap menyebar melalui slogan, nyanyian yang bernada SARA. Hal ini mencederai semangan sepakbola yang menjunjung tinggi persatuan dan sportivitas.

Sumber : Bola.net
Halaman :
1

Ikuti Kami