Ikut perangi Mafia Narkoba, Paus Tiba di Meksiko

Ikut perangi Mafia Narkoba, Paus Tiba di Meksiko

daniel.tanamal Official Writer
3104

Paus Benediktus XVI akhirnya tiba di Meksiko pada kunjungan pertamanya di negara-negara di kawasan Amerika Latin yang berbahasa Spanyol. Setibanya di negara sombrero itu, pemimpin otoritas Vatikan ini disambut Presiden Meksiko Calderon dan ribuan umat Katolik tepatnya di Guanajuato.

Felipe Calderon mengatakan, kunjungan Paus memiliki arti penting bagi Meksiko yang tengah dihantui rentetan tindak kekerasan akibat kartel obat bius. Sebelum tiba di Meksiko, Paus mengatakan, "perang terhadap kejahatan (mafia narkoba) ini penting, dan mendesak kaum muda meninggalkan narkoba.”

Aaparat keamanan melakukan penjagaan ketat, dengan melibatkan polisi federal dan aparat militer dalam jumlah besar untuk menjaga barisan masyarakat yang memadati sepanjang rute di Leon. Mereka mengenakan mengenakan kaos putih dan kuning seraya melambaikan bendera. Dalam perjalanan menuju Meksiko, Paus Benediktus mengatakan kepada wartawan: "Saya ingin berbagi kebahagiaan dengan rakyat Meksiko. Bukan hanya soal harapan baik, tetapi juga berbagi penderitaan dan kesedihan."

Pernyataan Paus ini mengacu pada rentetan kasus kekerasan terkait mafia narkoba yang telah menghantui Meksiko, yang sejauh ini telah menewaskan 50.000 orang dalam lima tahun terakhir. Seorang warga Meksiko secara khusus menanggapi kunjungan Paus, dengan mengatakan: "Kunjungan Paus ini membuat kami nyaman, di tengah gelombang kekerasan di negara kami."

Hampir 88% warga Meksiko - hampir 100 juta orang - menganut Katolik Roma. Pendahulu Paus Benediktus, yaitu Yohanes Paulus II, selalu mengunjungi negara itu secara tetap. Laporan dari jurnalisBBC mengatakan bahwa walaupun kunjungan Paus Benediktus tidak mengundang reaksi yang sama dari warga Meksiko, tapi tidak diragukan lagi kedatangannya menimbulkan kegembiraan dari kalangan umat yang beriman.

Sumber : detiknews

Ikuti Kami