3 Kandidat Presiden Bank Dunia Tanpa Nama Sri Mulyani

Nasional / 23 March 2012

Kalangan Sendiri

3 Kandidat Presiden Bank Dunia Tanpa Nama Sri Mulyani

Puji Astuti Official Writer
4733

Bank Dunia akhirnya mengumumkan tiga kandidat yang akan memperebutkan posisi presiden Bank Dunia yang saat ini masih dijabat oleh Robert Zoellick. Namun dari ketiga kandidat tersebut, nama Sri Mulyani yang sebelumnya santer terdengar diharapkan ikut pencalonan tidak muncul.

Dari tiga nama tersebut, satu calon diusulkan oleh Presiden Barack Obama, yaitu Jim Yong Kim saat ini menjabat presiden Dartmouth College. Dua orang lagi adalah Ngozi Okonjo-Iweala Menteri Keungan Niegeria dan Jose Antonio Ocampo, mantan Menteri Keungan Kolombia.

Sebelumnya beberapa saran disampaikan oleh negara-negara berkembang seperti Brazil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan agar pemimpin Bank Dunia tidak selalu dari Amerika Serikat. Sudah saatnya Bank Dunia membuka kesempatan bagi ekonom atau pejabat non Amerika untuk memimpin.

"Sudah saatnya kita mendobrak tradisi bahwa AS dan Eropa masih berbagi kekuasaan di IMF dan Bank Dunia. Kita semua harus berupaya lebih keras kali ini untuk mencari konsensus soal itu," demikian pernyataan Menteri Keungan Afrika Selatan Pravin Gordhan.

Saat ini beberapa posisi penting di Bank Dunia telah dijabat oleh ekonom dari beberapa negara berkembang, salah satunya adalah Direktur Pelaksana Bank Dunia yang saat ini dijabat oleh mantan Menteri Keuangan Indonesia, Sri Mulyani

Sumber : Media Indonesia | Tribun News | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami