Nyepi, Lintas Agama di Bali Sepakat Larang Petasan

Internasional / 23 March 2012

Kalangan Sendiri

Nyepi, Lintas Agama di Bali Sepakat Larang Petasan

Budhi Marpaung Official Writer
2979

Seluruh elemen agama dan aliran kepercayaan di Bali mulai dari Islam, Kristen Protestan, Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu telah menyepakati melarang menyalakan petasan dan bunyi-bunyian sejenisnya yang membahayakan ketertiban umum menjelang hingga pelaksanaan Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1934 yang jatuh pada Jumat 23 Maret 2012.

"Selain itu, tidak melakukan aktivitas yang bisa mengganggu umat Hindu dalam melaksanakan tapa brata penyepian," demikian ujar Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali IGAK Suthayasa di Denpasar, Rabu (7/3) lalu.

Suthayasa mengatakan lintas agama di Bali lewat seruan bersama sepakat untuk mendukung pelaksanaan Hari Suci Nyepi dapat terlaksana dengan tertib dan lancar, terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dalam kesempatan tersebut juga, Suthayasa mendorong aparat keamanan agar dapat mengamalkan seruan bersama lintas agama yang ditandatangani majelis agama dan keagamaan di daerah ini dengan baik.

Indonesia merupakan negara yang sangat majemuk dan karenanya itu kita harus mengedepankan sikap saling menghargai dan menghormati satu dengan yang lain. Keragaman yang ada jangan dianggap sebagai sebuah kelemahan, justru inilah kekuatan dari bangsa kita. Bersyukurlah berada disini karena tidak banyak orang yang bisa menikmati situasi seperti kita ini.

Sumber : seputarbali.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami