Ini Dia Rahasia Dibalik Nama Serangga Tomcat

Nasional / 21 March 2012

Kalangan Sendiri

Ini Dia Rahasia Dibalik Nama Serangga Tomcat

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
6438

Serangga tomcat belakangan menghebohkan masyarakat karena menyerang warga Surabaya. Korban serangan tomcat mengalami dermatitis, kulitnya seperti melepuh, mengeluarkan cairan, dan merasa gatal.

Disamping beritanya yang menghebohkan, banyak orang yang penasaran mengapa serangga tersebut diberi nama tomcat?

Guru Besar Ilmu Serangga dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Aunu Rauf, mengungkapkan bahwa serangga tomcat adalah serangga yang tak asing bagi masyarakat Indonesia. Selain tomcat, serangga yang masuk species kumbang Paederus Fuscipes tersebut, juga dikenal dengan nama semut kanat atau semut kayap.

"Masyarakat menyebutnya tomcat, mungkin karena bentuknya sepintas seperti pesawat tempur Tomcat F-14," ungkap Aunu seperti dikutip dari kompas, pada Selasa (21/3).

Aunu menjelaskan, sebenarnya habitat tomcat adalah di sawah, dan ini termasuk serangga yang bermanfaat bagi petani karena memangsa wereng dan hama padi lainnya. "Jadi, sebetulnya kumbang tomcat ini atau Paederus fuscipes adalah serangga yang bermanfaat bagi petani karena membantu mengendalikan hama-hama padi," jelas Aunu.

Tomcat cenderung tertarik dengan cahaya lampu, menurut Ainu kemungkinan inilah pemicu masuknya tomcat ke rumah atau apartemen warga. Untuk mengantisipasinya, Ainu menyarankan warga untuk menutup jendela atau pintu rapat saat malam sebelum menyalakan lampu. Ventilasi jendela bisa ditutup dengan kain kasa untuk memperkecil kemungkinan tomcat masuk.

Menarik, bahwa serangga yang menjadi monster bagi masyarakat khususnya warga Surabaya ini justru penolong bagi para petani. Semoga tomcat bisa kembali ke habitat asli mereka, dan membantu petani membersihkan sawah mereka dari hama padi.

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami