Harapan Umat Untuk Pengganti Paus Shenouda III

Internasional / 21 March 2012

Kalangan Sendiri

Harapan Umat Untuk Pengganti Paus Shenouda III

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
3682

Setelah sempat ditunda, pemakaman Paus Shenouda III, pemimpin umat Kristen Koptik Mesir akhirnya dilakukan pada Selasa kemarin (20/3). Ribuan pelayat memadati Katedral Santo Markus Abbasiya, Kairo untuk menghadiri misa, sebelum jenazah dimakamkan di sebuah biara di delta sungai Nil.

Penundaan pemakaman Paus yang semula dijadwalkan pada Senin (19/3) ini dikarenakan adanya permintaan umat Koptik di luar Mesir, seperti Eropa dan Amerika Serikat. Mereka memohon diberi kesempatan untuk melayat jenazah tokoh Karismatik tersebut.

Antusiasme para pelayat yang ingin melihat jenazah Paus itu membuat mereka rela berdesak-desakan, hal ini bahkan membuat enam orang meninggal dunia dan puluhan lainnya luka-luka. Mereka berharap siapapun pengganti Paus Shenouda, juga merupakan sosok yang memiliki teladan hidup seperti mendiang.

“Paus meninggalkan kita di saat-saat krusial seperti sekarang. Saya hanya berharap, siapapun penggantinya, memiliki kebijakan yang sama seperti yang dimilikinya," kata Michael Boles, seorang insinyur, sambil berurai air mata.

Untuk menghormati Paus, Mesir menetapkan Selasa 20 Maret sebagai hari berkabung nasional dengan mengintruksikan mengibarkan bendera setengah tiang di seluruh negeri.

Paus Shenouda III, meninggal dalam usia 88 tahun pada 17 Maret 2012 yang lalu. Pria bernama asli Nazeer Gayyed ini adalah Paus Alexandria ke 117 yang diangkat pada November 1971. Selama 40 tahun memimpin, dia terkenal sebagai tokoh pembaharu dan solidaritas antara umat Islam dan Kristen di Mesir. 

Paus Shenouda III meninggalkan kenangan yang indah dan teladan yang baik tidak hanya untuk umat Kristen Koptik, namun juga tokoh-tokoh agama di Mesir. Semoga umat Kristen Koptik cepat menemukan pengganti Paus Shenouda III, sehingga para umat tidak kehilangan figur pemimpin di saat krusial di sini.

Sumber : berbagaisumber
Halaman :
1

Ikuti Kami