Paus Shenouda III Satukan Umat Kristen-Muslim Mesir

Internasional / 19 March 2012

Kalangan Sendiri

Paus Shenouda III Satukan Umat Kristen-Muslim Mesir

daniel.tanamal Official Writer
4930

Duka akibat tutup usianya Pemimpin otoritas tertinggi Gereja Ortodoks Koptik Mesir Paus Shenouda III, turut dirasakan para pemimpin Muslim Mesir yang turut melayat jenazah pemimpin kharismatik itu. Mereka mengenang jasa Paus yang begitu banyak merekatkan persaudaraan umat Kristen dan Muslim Mesir.

"Selama memimpin, Baba Shenouda telah banyak berbuat untuk persatuan bangsa Mesir, terutama dalam mengikat persaudaraan antara umat Kristiani dan Muslim di negeri ini," ungkap Syeikh Agung Al Azhar Prof Dr Ahmed Al Tayeb, mengenang Paus berusia 88 tahun itu.

Pemimpin Tertinggi (Mursyid) Ikhwanul Muslimi Mohamed Badie pun ikut mengungkapkan rasa dukacitanya melalui kenangan atas jasa Paus di Mesir. “Mesir kehilangan besar seorang tokoh panutan, namun butir-butir pikiran beliau dalam penyatuan umat akan tetap diteladani. Baba Shenouda adalam tokoh panutan yang jasa-jasanya akan dikenang sepanjang masa.”

Paus “Baba” Shenouda III sendiri wafat pada Sabtu (17/3) petang di kediaman resminya di Kompleks Gereja Koptik, Distrik Abbasea, Kairo Timur, dalam usia 89 tahun. Jenazah tokoh panutan dunia itu telah dimakamkan pada Senin (19/3). Sebagai ungkapan duka, Ribuan pelayat umat Koptik dan warga berbagai kalangan memenuhi wilayah gereja.

Sumber : antara - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami