Nyaris Semua Warga di Kampung Ini Berjari Tiga

Nasional / 16 March 2012

Kalangan Sendiri

Nyaris Semua Warga di Kampung Ini Berjari Tiga

Lois Official Writer
3078

Sebuah kampung yang bernama Dusun Ulutaue, di Desa Mario, Kecamatan, Mare, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan kebanyakan warganya mempunyai kelainan fisik. Mereka hanya memiliki tiga jari, baik itu di kaki maupun di tangan. Kelainan yang dialami warga ini juga dari segala usia, mulai dari bayi hingga lanjut usia.

“Ini sudah keturunan, mulai dari nenek kami begini semua. Keturunan kami yang lahir pasti begini semua. Walaupun ada yang normal, tetapi kalau ada anaknya, begini juga tangannya,” kata Umbang, sesepuh kampung tersebut. Mereka sudah pasrah karena meyakini bahwa yang mereka alami itu sudah digariskan oleh nenek moyang.

Di tengah keterbatasan itu, mereka tetap menjalani kegiatan sehari-hari sebagai nelayan. Sebagian besar dari mereka hidup miskin dan menutup diri dari dunia luar. Entah apa yang menjadi penyebab kelainan ini, namun mereka mengaku selama ini tidak mendapat perhatian dari pemerintah setempat.

“Kalau memang mau, mestinya pemerintah datang menyembuhkan kami. Katanya ini penyakit gen, tetapi mana buktinya? Sampai sekarang mereka tidak datang perhatikan kami,” kata Ahmad, penduduk setempat.

Kelainan fisik bisa diderita siapa saja tapi jika sudah menyangkut seluruh desa, maka sangat disayangkan jika tidak diperhatikan sesegera mungkin. Dan tentunya, masyarakat sekitar proaktif dalam menyelesaikan masalah mereka. Yang terakhir, tentu saja pengucapan syukur apapun keadaan kita adalah hal yang patut dilakukan.

Sumber : kompas.com/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami