Bom Gereja Kembali Tewaskan 10 Orang Di Nigeria

Internasional / 12 March 2012

Kalangan Sendiri

Bom Gereja Kembali Tewaskan 10 Orang Di Nigeria

Lestari99 Official Writer
3199

Nigeria semakin bergolak. Gereja terus menjadi sasaran utama dari serangan bom bunuh diri. Kali ini serangan terjadi di sebuah gereja Katolik St. Finbar di kota Jos, Nigeria tengah, pada Minggu (11/3) dan menewaskan sepuluh orang.

Juru bicara pemerintah negara bagian, Pam Ayuba, kepada AFP mengatakan terdapat sepuluh orang tewas yang terdiri dari pelaku, enam jemaat gereja dan tiga orang yang tertembak oleh pasukan pemerintah. Ketiga orang tersebut tewas tertembak saat pasukan keamanan berusaha membubarkan massa yang berkumpul pasca pengeboman.

Pelaku serangan sendiri ‘tidak dapat dikenali karena mayatnya terpotong-potong’. Ayuba menambahkan bahwa bangunan gereja rusak parah akibat ledakan ini. Atap gereja sampai runtuh.

Sejumlah orang menderita cedera serius ketika penyerang meledakkan dirinya setelah menabrakkan mobil ke pintu gerbang Gereja Katolik St. Finbar. Saat itu jemaat sedang meninggalkan gereja setelah misa pagi.

Serangan bom bunuh diri ini menjadi serangan kedua terhadap gereja di kota Jos dalam dua pekan terakhir. Serangan pada 26 Februari yang diklaim oleh kelompok militan Boko Haram yang menewaskan tiga orang dan mencederai 50 orang lainnya, juga saat upacara misa hari Minggu.

Jos terletak di Nigeria tengah yang memisahkan kawasan utara dengan penduduk mayoritas muslim dengan wilayah selatan yang sebagian besar penduduknya Kristen. Ratusan orang tewas dalam bentrokan antara kelompok agama dalam beberapa tahun di negara itu. Kekerasan terus meningkat di Nigeria sejak serangan yang menewaskan puluhan orang dalam perayaan Natal 2011 yang juga diklaim oleh kelompok militan garis keras Boko Haram.

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami