Tokoh Perdamaian Ambon Terima Penghargaan Internasional

Tokoh Perdamaian Ambon Terima Penghargaan Internasional

Budhi Marpaung Official Writer
5139

Pada tahun 2003, Pendeta Benny Giay dari Papua menerima anugerah internasional bertajuk Tanembaum Peacemaker in Action Award. Selang sembilan tahun kemudian, pekerja perdamaian Maluku Pendeta Jacky Manuputty menerima penghargaan yang sama dari lembaga Tanenbaum Center for Interreligious Understanding.

Sebagaimana dirilis situs PGI (Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia), Rabu (7/3), lembaga Tanenbaum sejak Selasa (6/3) sudah memberitahukan keputusan mereka melalui telepon maupun surat kepada Pendeta Jacky Manuputty. Surat ditandatangani Joice Dubensky, CEO Tanenbaum.

‘’Selamat, sungguh luar biasa bisa menghubungi Anda, dan dengan bangga saya mengundang Anda menjadi seorang pelaku perdamaian Tanenbaum,” ungkap Joice.

Sebagai informasi, calon-calon penerima award datang dari berbagai belahan dunia dimana nama-nama tersebut diusulkan oleh berbagai lembaga dan individu. Panitia sendiri menyeleksi seluruh calon sampai tinggal 37 orang. Dari sini, ditetapkan 10 nominator. Sejumlah juri yang diketuai Dr Marc Gopin, Direktur Center For Religion, Diplomacy, and Conflic Resulotion, George Mason University kemudian memutuskan dua pemenang dari 10 nominator yang salah satunya adalah Pendeta Jacky Manuputty.

Pendeta Jacky Manuputty merupakan pendeta di Gereja Protestan Maluku (GPM). Dalam situs resmi Tanenbaum yang memuat profil para nominator, lembaga itu menulis bahwa Pendeta Jacky Manuputty telah berperan dalam kampanye dan advokasi damai secara nasional maupun internasional.

Selain terlibat sebagai salah satu deklarator Penjanjian Maluku di Malino, Pendeta Jacky Manuputty juga ikut mendirikan Lembaga Antar Iman Maluku (ElAiEm). Melalui lembaga ini, Pendeta Jacky Manuputty dkk melakukan banyak hal, antara lain membangun kelompok-kelompok damai lintas iman yang mencakup jurnalis, perempuan, tokoh agama dan mahasiswa.

Sementara itu, Pendeta Jacky Manuputty kepada Maluku Online menyatakan ia memberi apresiasi positif terhadap anugerah tersebut. Namun sebagai salah satu dari dua pemenang, dia mengaku kemenangan ini adalah kemenangan semua orang di Maluku.

‘’Award ini adalah penghargaan kepada semua orang yang bekerja bagi perdamaian di Maluku,” ujarnya.

Selamat Pendeta Jacky Manuputty atas penghargaan ini. Semoga Ambon senantiasa damai sejahtera.

Sumber : pgi.or.id; malukuonline.co.id; tanebaum.org/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami