PNS Kompeten Hanya 5%, Sisanya Hanya Menunggu Perintah

Nasional / 1 March 2012

Kalangan Sendiri

PNS Kompeten Hanya 5%, Sisanya Hanya Menunggu Perintah

Lois Official Writer
2689

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (PAN) Azwar Abubakar menyatakan bahwa hanya lima persen dari total 4.7 juta Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada di Indonesia yang memiliki kompetensi. Sisanya, menurutnya, sebagai orang yang hanya menunggu perintah. “Ini kan PNS ada atasan, ada staf. Staf itu banyak sekali. Di staf ini yang punya kompeten tertentu itu hanya 5 persen,” kata Azwar di Istana Negara, Jl. Veteran, Jakarta.

Namun, menurut anggota tim reformasi birokrasi Erry Riyana Hardjapamekas usai diskusi di Universitas Paramadina, dia merasa tak percaya bila benar-benar hanya 5 persen PNS saja yang benar-benar bisa bekerja untuk negara. Tidak heran bila muncul desakan agar PNS dipotong satu generasi agar PNS dipotong satu generasi agar tidak membebani anggaran. “Bisa saja, tapi harus berani. Siapa yang berani?” kata Erry menanggapi desakan tersebut. Selain itu, Erry juga memberikan solusi lain.

Bila tidak dihapus satu generasi, pemerintah harus mengambil langkah lain. Harus ada peningkatan skill dan kemampuan dari para abdi negara itu. “Bisa juga ditempatkan sesuai dengan kemampuan dan pensiun dini di usia 50 sampai 45 tahun,” jelas mantan wakil ketua KPK ini.

Entah berdasarkan apa hasil yang dibicarakan oleh Azwar ini, namun sangat menyedihkan jika hal itu benar adanya. Perbaikan kualitas SDM Indonesia perlu dilakukan sesegera mungkin.

Sumber : detik/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami