Gereja Nigeria Jadi Sasaran Bom Bunuh Diri Lagi, 4 Orang Tewas

Internasional / 27 February 2012

Kalangan Sendiri

Gereja Nigeria Jadi Sasaran Bom Bunuh Diri Lagi, 4 Orang Tewas

Puji Astuti Official Writer
2696

Jos, Nigeria – Serangan bom bunuh diri kembali menyasar sebuah gereja yang mengakibatkan empat orang tewas pada Minggu (26/2), diantara dua orang anggota gereja, seorang wanita yang masih belum diketahui identitasnya dan si pengendara truk yang membawa bom.

Bom dengan daya ledak tinggi tersebut menyebabkan 30 kendaraan yang ada di lokasi kacanya pecah. Pihak polisi menerangkan bahwa bom mobil tersebut menabrak kompleks kantor pusat Cocin – Gereja Kristus di Jos.

Gereja Cocin memiliki 3 juta jemaat di seluruh Nigeria. Di kota Jos yang merupakan kantor pusat gereja tersebut, ada 3000 jemaat. Pada saat serangan hal tersebut terjadi setelah ibadah pertama dan menjelang ibadah kedua dilangsungkan.

Hingga berita ini dirilis belum ada pihak yang menyatakan bertanggung jawab atas serangan tersebut. Sebelumnya pada Natal 2011 lalu, serangan bom yang menyasar gereja telah menewaskan 35 orang. Pada serangan bom natal tersebut, kelompok militan Boko Haram menyatakan sebagai pihak yang bertanggung jawab.

Boko Haram bukan hanya menyerang gereja-gereja di Nigeria saja, namun juga kantor polisi bahkan juga masjid yang dianggap “kurang Islami”. Menurut Palang Merah Internasional, umat Islam yang bermukim di daerah selatan Nigeria yang mayoritas berpenduduk Kristen juga menjadi target serangan.

Sumber : CNN|Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami