Seorang Pendeta Angkat Bicara Kepindahan Pep Guardiola

Internasional / 25 February 2012

Kalangan Sendiri

Seorang Pendeta Angkat Bicara Kepindahan Pep Guardiola

daniel.tanamal Official Writer
4101

Sebuah hal yang lumrah biasa terjadi di daratan Eropa, dimana pihak yang tidak berhubungan dengan dunia sepakbola dapat ikut memberikan pendapat ataupun jawaban kepada publik, jika masalah itu telah sampai meresahkan opini yang berkembang dalam masyarkat. Kini publik Catalan spanyol resah karena isu pindahnya Pep Guardiola.

Karena merasa perlu berbicara karena kecemasan publik akan kehilangan Guardiola semakin besar, pendeta Gereja di Santpedor (kota tempat Guardiola dilahirkan), Jean Hakolimana menegaskan bahwa Pep akan tetap bertahan di klub itu karena punya ikatan kuat. Menurut pendeta keturunan Rwanda ini, kemungkinan Pep meninggalkan Barcelona sangat kecil.

"Jika ada yang meragukan dan berkeyakinan (bahwa Guardiola akan pergi), maka dia harus berdoa agar dia tak pergi. Tapi, saya kira dia akan tetap bertahan," ungkap Hakolimana.

Hakolimana juga menambahkan bahwa dia bertemu dengan Guardiola tiga bulan lalu. Selain itu, orang tua Guardiola juga rajin ke gereja yang dia asuh. "Anda tak bisa menerima Barcelona saat ini tanpa Guardiola. Anda juga tak bisa percaya Guardiola tanpa Barca. Keduanya memiliki hubungan yang sangat kuat. Itulah sebabnya, saya kira dia akan memperpanjang kontraknya," yakinnya.

Prestasi Pep memang tiada duanya dibanding pelatih yang telah berkecimpung lama didunia sepakbola. Pep telah mengantar El Barca merengkuh 13 gelar mulai sejak 2008. Publik Catalan kontan saja gerah akibat pelatih berumur 41 tahun yang juga mantan gelandang Barcelona itu tak jua menandatangani kontraknya yang berakhir pada Juni ini.

Memang jika dilihat, tidak ada hubungannya dunia sepakbola dengan seorang pendeta. Namun ketika sepakbola telah memasuki ranah yang mempengaruhi masyarakat, dan dianggap perlu untuk diberikan pencerahan, pendeta sebagai pemimpin imam masyarakat dapat turun langsung untuk menyampaikannya. Itulah tugas seorang pemimpin imam yang dinamis dan tidak terkotak pada satu hal tertentu saja.

Sumber : kompas bola/AP
Halaman :
1

Ikuti Kami