Pemimpin Indonesia Cenderung Beri Ratapan daripada Harapan

Nasional / 23 February 2012

Kalangan Sendiri

Pemimpin Indonesia Cenderung Beri Ratapan daripada Harapan

daniel.tanamal Official Writer
3149

Krisis multidimensional yang dialami Indonesia membuktikan bahwa dibutuhkan figur pemimpin yang mempunyai integritas dan mampu mengantisipasi perubahan untuk membawa bangsa menuju kejayaan. Namun faktanya saat ini mental pemimpin negeri saat ini jauh dari optimisme, bahkan kepada masyarakat cenderung memberi ratapan daripada harapan.

Inilah yang disampaikan Anies Baswedan pada acara sebuah partai politik di Jawa Timur Rabu (22/2) malam. Anies mengingatkan pentingnya mengembalikan rasa optimisme dan memberi pesan positif kepada bangsa Indonesia."Pemimpin saat ini lebih banyak hadir di masyarakat dengan ratapan, bukan harapan," tegas Rektor Universitas Paramadina itu.

Anies mencontohkan, para pemimpin sebelum maupun awal kemerdekaan dihadapkan situasi bangsa yang penuh dengan keterbelakangan, kemiskinan, maupun masalah keamanan. Namun dengan kondisi tersebut, para pemimpin itu dapat membawa republik ini menuju perubahan, dapat keluar dari keterpurukan dengan hadir di masyarakat dengan pandangan optimis dan integritas yang tinggi.

"Karena mereka tidak melihat republik sebagai mata pencaharian, mereka tidak melihat posisinya di politik, pemerintahan, sebagai kesempatan mengeruk kekuasaan, ekonomi. Tapi mereka melihatnya sebagai kepentingan bangsa Indonesia. Saat ini, kalau kita melihat perspektif ke depan, mengantisipasi yang akan datang, kita seharusnya menjadi bangsa yang besar," ujarnya.

Para pemimpin di Indonesia saat ini kehilangan roh melayani untuk rakyatnya. Jiwa melayani tersebut tertutup oleh selubung keinginan daging yang kuat akan kekuatan semu dan cinta uang. Namun tidak ada kata terlambat untuk perubahan. Jika para pemimpin tidak mendengar, maka kitalah yang harus bertidak dan bergerak melakukan terobosan positif dan meradiasikan jiwa pelayanan terhadap sesama.

Sumber : kompas.com - dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami