Minyak Bumi di Indonesia Akan Habis 10 Tahun Lagi

Nasional / 23 February 2012

Kalangan Sendiri

Minyak Bumi di Indonesia Akan Habis 10 Tahun Lagi

Lois Official Writer
2911

Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta mengatakan 10 tahun yang mendatang Indonesia kehabisan bahan bakar minyak sehingga perlu adanya pengganti. “Saat ini produksi BBM kita terus menurun,” kata Gusti Muhammad Hatta di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Rabu (22/2).
Apabila tak segera dipersiapkan untuk pengganti BBM, dipastikan banyak pabrik tutup sehingga menimbulkan pengangguran. Karena itu, katanya, pihaknya terus mensosialisasikan manfaat sumber energi nuklir. Energi nuklir ini digunakan sebagai pengganti BBM. Menurutnya, pemerintah sudah siap membangun pembangkit listrik tenaga nuklir. Pembangunan PLTN, menurutnya diusulkan di Provinsi Bangka Belitung atau Kalimantan Selatan.

Penggunaan sumber energi nuklir ini menurutnya banyak manfaatnya, salah satunya untuk peningkatan produksi pangan. Produksi bibit dari radiasi nuklir hasilnya jauh lebih baik dibandingkan dengan bibit lokal. Di antaranya jarak panen cukup pendek, produksi cukup tinggi, rasanya enak, dan tahan serangan hama. Karena itu, tentu saja akan memberikan sumbangan besar terhadap kesejahteraan masyarakat. Selain itu, penggunaan sumber daya energi nuklir pun relatif murah.

Di tengah kemelut banyaknya kasus korupsi yang terjadi, dan masalah krisis yang dihadapi saat ini, Indonesia perlu mawas diri. Indonesia adalah negara yang begitu kaya alamnya, namun sekali lagi rakyatnya hidup dalam kemiskinan. Bukan karena alamnya tidak bisa menghidupi rakyat, tapi salah satunya karena korupsi. Kita perlu memperbaiki sikap mental sebagai suatu bagian dari bangsa yang besar ini dan menjaga kekayaan alam kita.

Sumber : liputan6 - yahoo/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami