Deklarasi Kerukunan Umat Beragama digelar Pemkot Bekasi

Internasional / 17 February 2012

Kalangan Sendiri

Deklarasi Kerukunan Umat Beragama digelar Pemkot Bekasi

daniel.tanamal Official Writer
3262

Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat, menggelar deklarasi kerukunan umat beragama di 12 kecamatan setempat dengan melibatkan tokoh lintas agama dari Forum Kerukunan Umat Beragama. Dalam kegiatan tersebut sejumlah perwakilan pemuka agama hadir.

"Setelah menggelar deklarasi kerukunan umat beragama tingkat kota beberapa waktu lalu, kami menindaklanjutinya dengan melakukan hal yang sama di tingkat kecamatan," kata Plt Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi usai memimpin kegiatan tersebut di kantor Kecamatan Mustika Jaya, Kamis (16/2).


Menurut Rahmat, sejauh ini toleransi beragama itu belum diimplementasikan dengan baik oleh warga Kota Bekasi karena pemahaman yang masih sempit. Akibatnya, kerap terjadi gesekan antarumat beragama.

 
"Jangan sampai deklarasi ini sebatas agenda yang lantas dilupakan begitu saja. Semua yang hadir saat deklarasi wajib mengimplementasikan sikap toleransi yang telah disepakati di lingkungan masing-masing," kata Rahmat.

Setelah pendeklarasian tersebut, perangkat kelurahan dan RW diminta untuk menyebarluaskan poin-poin yang sudah dideklarasikan kepada warganya. Sosialisasi dilakukan dengan memberikan sejumlah pemahaman pentingnya menjaga kerukunan.


Jika umat dari tiap-tiap agama sudah mampu memahami arti pentingnya dan bisa menghilangkan sikap saling curiga, mewujudkan visi Bekasi sebagai kota yang ihsan tidaklah sulit direalisasikan.

Sumber : Suara Pembaruan
Halaman :
1

Ikuti Kami