Maut Intai Jalanan Indonesia, 1.547 Tewas Dalam 44 Hari

Nasional / 13 February 2012

Kalangan Sendiri

Maut Intai Jalanan Indonesia, 1.547 Tewas Dalam 44 Hari

Lestari99 Official Writer
3444

Data fantastis ditunjukkan Kepolisian Republik Indonesia yang menunjukkan 1.547 orang tewas, 2.562 orang luka berat, dan 7.564 orang luka ringan dalam kecelakaan lalu lintas di seluruh wilayah Indonesia. Data ini terhitung sejak 1 Januari 2012 hingga 13 Februari 2012.

Jumlah kecelakaan lalu lintas mencapai 9.884 kasus. Kendaraan yang paling banyak mengalami kecelakaan adalah sepeda motor sebanyak 9.555 unit, mobil penumpang 1.357 unit dan bus sebanyak 207 unit.

Data ini cukup mencemaskan karena terjadi hanya dalam kurun waktu 44 hari. Kondisi ini menunjukkan betapa buruknya sistem transportasi di negeri ini sehingga jalan raya seolah menjadi ‘ladang kematian’ bagi masyarakat.

Faktor mendasar seperti disiplin dan penegakan peraturan hukum berlalu lintas ditenggarai menajdi penyebab maraknya jumlah kecelakaan di jalan raya. Fakor kelalaian dan kesengajaan manusia memperparah kondisi jalan raya Indonesia akhir-akhir ini. Belum lagi ditambah kurangnya kepedulian dalam merawat sarana dan prasarana lalu lintas, kurangnya kesadaran pendidikan mengemudi di jalan raya, dan pilihan kualitas tekhnologi transportasi yang buruk.

Menanggapi hal ini, tak ada pilihan lain selain diperlukannya komitmen bersama dalam membenahi sistem transportasi. Selain mendesak pihak berwenang untuk membenahi diri, mulailah dari diri Anda untuk membangun kedisiplin dalam berkendara dan menggunakan fasilitas jalan raya. Kelalaian Anda dapat berakibat fatal bagi orang lain.

Satu hal yang penting sebagai orang percaya, pagari diri Anda dengan doa sebelum keluar rumah. Karena dalam banyak kasus, mengalami kecelakaan bukan lagi pilihan yang dapat dihindari bagi para korban.

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami