Din Syamsuddin : Ormas Jangan Terjebak Kekerasan

Din Syamsuddin : Ormas Jangan Terjebak Kekerasan

Puji Astuti Official Writer
2398

Menanggapi penolakan masyarakat Suku Dayak yang menolak keberadaan Front Pembela Islam di Kalimatan Tengah, Din Syamsuddin, Ketua Uumum PP Muhammadiyah mengajak ormas-ormas yang ada terutama yang berlatar belakang agama untuk tidak berbuat kekerasan.

"Tapi saya tidak menilai kelompok demi kelompok, bahwa semuanya punya hak untuk hidup, punya hak untuk berjuang di republik ini, dengan syarat tiap kelompok manapun jangan terjebak kepada kekerasan karena kita harus menolak segala bentuk kekerasan," demikian ungkap Din, Minggu (12/2) di sela-sela acara puncak Pekan Kerukunan Antar Umat Beragama di gedung DPR RI Jakarta.

Menurut Din, tidak semua organisasi masyarakat berdampak negatif. Din memaparkan bahwa dalam sejarah Indonesia ada juga ormas-ormas dengan latar belakang agama yang memberikan kontribusi bagi negara dan berorientasi kepada pemberdayaan masyarakat.

Sebuah organisasi masyarakat tentu dibentuk dengan sebuah visi untuk membawa dampak positif bagi masyarakat. Jika kemudian ada yang melakukan tindakan-tindakan yang menyimpang, maka pembinaan perlu dilakukan oleh pihak-pihak terkait, dan jika sudah meresahkan maka penegak hukum diharapkan dapat melakukan tindakan tegas.

Sumber : Tribunnews.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami