Keluarga ini Tinggal di Goa karena Miskin

Nasional / 10 February 2012

Kalangan Sendiri

Keluarga ini Tinggal di Goa karena Miskin

daniel.tanamal Official Writer
2623

Kesenjangan sosial yang terjadi negara ini memang sulit untuk berhenti. Gaya hidup dan tindak korupsi elit pejabat pemerintah berbanding terbalik dengan kondisi rakyatnya yang didominasi kaum miskin papa.

Seperti satu keluarga di Sulawesi Selatan, harus tinggal di sebuah goa untuk bertahan hidup. Pasangan ini memilih hidup di goa batu karena tidak punya biaya untuk membeli atau mengontrak rumah.

Keluarga yang berlokasi di Kabupaten Pangkep itu adalah pasangan Hamdan dan Sinta berikut ketiga anaknya yang telah enam tahun menempati goa di Desa Bantimurung, Kecamatan Tondong Tallasa. Hamdan sendiri bekerja sebagai anggota penjaga keamanan di sebuah perusahaan pertambangan marmer dengan gaji hanya Rp900 ribu per bulan.

Tentunya gaji sebesar itu sangat kurang untuk membeli atau mengontrak rumah. Karena itu, Hamdan memboyong keluarganya tinggal di goa batu. Goa itu sudah sangat lekat dengan keluarga Hamdan. Bahkan anak bungsunya lahir di tempat itu. Goa tersebut terbentuk dari batu besar yang di tengahnya terdapat rongga. Tidak sepenuhnya bagian atap tertutup. Untuk menghindari air hujan dan panas matahari, atap yang berongga ditutup seadanya dengan daun Rumbia.

Namun Hamdan mengaku bersyukur karena sejak Januari 2012, keluarganya bisa mendapat aliran listrik dari PLN hasil menabung selama dua tahun. Sebelumnya, dia hanya menikmati listrik dari sambungan warga sekitar. Hamdan mengaku pasrah dengan kondisi ini dan berharap Pemerintah Kabupaten Pangkep bisa memperbaiki atap rumahnya dengan seng agar keluarganya tidak kebasahan jika hujan turun.

Dua hal yang harus dilihat dari keadaan ini adalah, respon pemerintah untuk menjangkau tiap masyarakatnya terutama yang dipelosok sangatlah kurang. Mirisnya hal ini telah terjadi tahunan. Hal lainnya adalah, kita dapat belajar dari hidup Hamdan yang serba susah, kondisinya tidak membuatnya berhenti untuk berjuang demi keluarganya.

Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami