Vatikan Serahkan Kasus Pelecehan Seksual ke Polisi

Internasional / 10 February 2012

Kalangan Sendiri

Vatikan Serahkan Kasus Pelecehan Seksual ke Polisi

daniel.tanamal Official Writer
2498

Sebuah solusi nyata diambil oleh otoritas tertinggi Katolik dunia, Vatikan dalam memecahkan kasus pelecehan seksual yang telah lama menerpa para petinggi agama di beberapa negara. Setiap kasus tersebut dilimpahkaserahkan kepada kepolisian agar pengusutan dan pemberian hukum dapat adil dan diterima masyarakat.

Solusi tersebut terakumulasi oleh kebijakan yang diambil oleh Paus Benediktus XVI untuk menyerahkan semuanya kepada kepolisisan. Paus juga memerintahkan untuk melakukan penyelidikan menyeluruh disemua sektor dan level gereja.

Kebijakan Paus ini tentu menjadi sebuah pesan tersendiri untuk seluruh petinggi gereja mengenai bagaimana cara mereka menangani kasus pelecehan seksual. Terutama tudingan bahwa Vatikan merahasiakan serta meminta semua yang terlibat tak berkata apa-apa mengenai skandal tersebut.

Pelecehan seksual di kalangan Katolik ini juga dituding sebagai penyebab eksodus umat di beberapa negara Eropa. Termasuk Jerman, negara asal Paus Benediktus XVI. Sri Paus saat ini berusaha memulihkan kembali citra yang tercoreng.

Pemimpin doktrin Vatikan, Kardinal William Levada menyatakan, pelaku pelecehan seksual di gereja akan menghadapi tuntutan hukum sekuler dan hukum yang diterapkan gereja. Terhadap masalah dan tindakan petinggi gereja yang mencoreng citra gereja dan agama, langkah yang diambil memang tepat untuk menyerahkannya kepada kepolisian.

Namun kedepannya setiap badan gereja memang harus selektif dalam mengakomodir terhadap siapa saja yang meyakini keterpanggilan didalam melayani jemaat. Agar kejadian memalukan seperti ini tidak terulang dimasa yang akan datang.

Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami