Setneg : Biaya Beli Pesawat Lebih Murah Daripada Carter

Nasional / 9 February 2012

Kalangan Sendiri

Setneg : Biaya Beli Pesawat Lebih Murah Daripada Carter

Puji Astuti Official Writer
2425

Mendapatkan kritikan berbagai pihak atas pembelian pesawat kepresidenan, Sekretaris Kementrian Sekretaris Negara, Lambok Nahatan dalam jumpa pers membeberkan alasan pembelian pesawat tersebut.

"Rencana pembelian pesawat kepresidenan sudah dipikirkan sejak lama. Ini dilakukan untuk lebih mengefektifkan dan mengefisiensikan serta untuk penghematan anggaran," demikian ungkap Lambok di kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (9/2).

Menurut Lambok, jika 35 tahun ke depan pemerintah masih menggunakan pesawat carteran, maka harus mengeluarkan USD 849 juta, sementara jika sudah punya pesawat sendiri pemerintah hanya perlu anggaran sebesar USD 463 juta. Karena itu pilihan untuk membeli pesawat dibuat karena bisa menghemat anggaran sebesar USD 388 juta.

Selain itu Lambok menjelaskan bahwa perhitungan menggunakan jangka waktu 35 tahun karena berdasarkan keputusan Menteri Perhubungan tahun 2006, usia pesawat yang diijinkan terbang di Indonesia adalah 25 tahun. 

Pembelian pesawat kepresidenan ini mendapat tanggapan negative dari berbagai kalangan karena menganggap pemerintah hanya memperbesar hutang negara, selain itu banyak dana yang berasal dari hutang luar Negeri mengalami kebocoran karena korupsi.

Sumber : Okezone.com|Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami