Eks Pramugari Klaim 6 Dari 10 Pilot Adalah Pengguna

Nasional / 9 February 2012

Kalangan Sendiri

Eks Pramugari Klaim 6 Dari 10 Pilot Adalah Pengguna

Lois Official Writer
5436

Suatu angka yang luar biasa pernyataan yang dilontarkan oleh seorang mantan pramugari, Farah Diba Panigoro kepada Tempo pada Rabu (8/2) kemarin. Dia mengatakan, “Pengalaman saya sebagai pramugari dan informasi teman-teman saat ini, 6-7 orang dari 10 pilot adalah pengguna (narkoba),” kata Diba.

Itu artinya sekitar 60-70% pilot di maskapai Indonesia diduga memakai obat-obatan terlarang atau amphetamine ketika bertugas. Diba bergabung dengan sebuah maskapai swasta pada 2006 dan Agustus 2008 dia mundur. Namun, dia masih bertukar kabar dengan teman-temannya yang masih aktif di dunia penerbangan. “Dari 2008 sampai 2012, kebiasaan senang-senang dan clubbing mereka tetap sama. Senioritas di maskapai sangat tinggi sehingga para junior mengikuti gaya seniornya,” ujarnya.

Diba mengaku pernah melihat seorang pilot yang tiba-tiba tampak segar meski bergadang dan hura-hura di klub malam. Sekitar pukul 03.00 WIB, pilot dan para kru pesawat lainnya baru kembali ke hotel. Tapi mereka harus bersiap kembali terbang dan siap di lobi hotel pukul 04.00. Nah, ketika itulah Diba melihat kapten pilotnya tampak segar bugar. “Tapi dia bicaranya ngaco dan belepotan, seperti orang menggunakan narkoba,” ujarnya.

Padahal, para penumpang pengguna maskapai itu menggantungkan hidupnya ke tangan para pilot. Namun, seolah-olah nyawa itu tidak ada artinya dengan kesenangan yang mereka lakukan. Ini hal yang membahayakan buat masyarakat, bagaimana mereka bisa percaya kepada siapa yang mengemudikan pesawat tersebut jika sebagian besar pilot menggunakan obat terlarang tersebut.

Sumber : tempointeraktif/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami