Ketua MA Terpilih : Hakim Agung Nggak Mungkin Tergoda

Nasional / 8 February 2012

Kalangan Sendiri

Ketua MA Terpilih : Hakim Agung Nggak Mungkin Tergoda

Lois Official Writer
1875

Ketua Mahkamah Agung (MA) telah terpilih dan dia akan menggantikan Harifin Andi Tumpa pada 1 Maret mendatang. Dengan perolehan suara terbanyak yaitu sebesar 28 suara, Hakim agung sekaligus Ketua Muda Pengawasan ini pun dinobatkan. Sebelumnya, dia menegaskan bahwa bukan dirinya yang melakukan lobi-lobi door to door dan politik uang dalam pemilihan ketua MA pada 8 Februari 2012. “Yang jelas, saya tidak melakukan politik uang,” katanya beberapa hari lalu di sela seminar Judicial Integrity in Southeast Asia.

Menurutnya, seorang hakim tidak boleh tergoda dalam politik uang. Dia menegaskan, persoalan bagi-bagi duit dalam pemilihan rasanya tidak ada. “Hakim agung itu kan semua tangguh, intelektual, nggak mungkin tergoda,” katanya. Dia juga mengaku belum bisa berkata soal kesiapannya maju dalam pemilihan ketua MA untuk meneruskan kepemimpinan Harifin Andi Tumpa.

Dalam kaitannya dengan sistem hakim di masa lalu, sistem kamar di MA yang telah digagas sejak tahun lalu, akan tetap dipertahankan. Ia mengatakan, dengan sistem kamar, publik akan mendapatkan keadilan secara proporsional. Sistem ini mencegah ahkim agung menangani perkara yang tidak sesuai keahliannya.

Dalam sistem kamar, para hakim akan ditempatkan sesuai ranah keahliannya. Ada lima kamar yang ditempati para hakim agung, yakni pidana, perdata, tata usaha negara, agama, dan militer. Dengan adanya sistem ini, Harifin A Tumpa mengatakan agar kepekaan dan keahlian hakim dalam memutus, meningkatkan produktivitas penanganan perkara, dan sistem penanganan perkara yang terklarifikasi dapat dikembangkan.

Mahkamah Agung adalah lembaga tinggi negara yang merupakan pemegang kekuasaan kehakiman bersama dengan Mahkamah Konstitusi dan bebas dari pengaruh cabang-cabang lainnya. Kiranya dengan terpilihnya ketua MA yang baru, pengadilan di Indonesia benar-benar bersih dari segala korupsi dan tidak ada hakim yang nakal lagi.

Sumber : berbagai sumber/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami