Kuatir dengan Keselamatan Adik, Kakak Ciptakan Alat Anti Pelecehan

Nasional / 3 February 2012

Kalangan Sendiri

Kuatir dengan Keselamatan Adik, Kakak Ciptakan Alat Anti Pelecehan

Lois Official Writer
3620

Karena kuatir dengan keselamatan adik perempuannya, Manu Chopra pun terinspirasi untuk menciptakan alat yang dapat membantu wanita mencegah serangan pelecehan. Manu Chopra yang baru berusia 16 tahun itu masih merupakan seorang siswa di ibukota India, Delhi.

Alat anti pelecehan ini akan aktif bekerja bila denyut nadi korban meningkat. Alat itu dipakai seperti jam tangan dan dapat menyetrum orang yang mencoba menyerang si pemakai jam tangan. Manu Chopra mengatakan kepada BBC, ia ingin menggunakan ilmu pengetahuan untuk memberikan kenyamanan kepada wanita di jalan-jalan. Karena sebagian besar kawasan di India, termasuk Delhi, tidak aman bagi wanita. India mencatat kasus perkosaan terjadi sekitar 22.000 tahun 2008 atau naik 18% dari 2004, menurut Biro Kejahatan Nasional. Banyak wanita yang membawa penyemprot merica untuk menangkap penyerang.

Alat yang disebut Feeble shock Manu atau alat kejut Manu itu akan dijual 122 rupees (Rp 42 ribu). Siswa sekolah GD Goenka itu mengatakan bahwa gagasannya muncul saat membaca tentang kompetisi nasional, yang diselenggarakan Badan Inovasi Nasional. Badan yang didirikan pemerintah ini memberikan penghargaan kepada para siswa atas inovasi dan kreativitas. Alat ini juga memiliki kamera untuk merekam wajah penyerang. “Adik saya bisa menghadapi laki-laki mana saja sekarang.” katanya.

Tentunya sebuah kreativitas yang luar biasa dari seorang kakak yang peduli kepada keselamatan adiknya sehingga kemudian mampu menciptakan alat yang luar biasa ini. Meski alat ini mungkin bisa gagal, namun setidaknya niat baik dari sang kakak tidak akan hilang. Anak dengan kreatifitas tinggi seperti ini harus didukung penuh oleh orangtua.


Anda pun dapat membagikan ataupun mengekspresikan kasih sayang Anda kepada orang-orang yang Anda kasihi melalui cara lain, seperti foto kontes yang diadakan di Jawaban.com. Anda bisa mengekspresikan kasih sayang Anda dalam bentuk foto dan berbagi cerita ataupun kisah Anda di fotoku.jawaban.com

Sumber : detik/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami